10 Racikan Alami Untuk Mengobati Keputihan Abnormal

10 Racikan Alami Untuk Mengobati Keputihan Abnormal,- Keputihan adalah lendir yang dihasilkan kelenjar dinding rahim. Lendir tersebut berfungsi untuk melindungi vagina agar tetap bersih sehingga tidak mudah terserang infeksi. Dewasa ini, keputihan menjadi momok paling menakutkan bagian sebagian kaum wanita. Keputihan diklaim membahayakan diri dan berpotensi menimbulkan banyak masalah reproduksi.

Lalu, apakah hal tersebut benar adanya? Sebenarnya, keputihan itu sangat normal terjadi pada wanita. Ciri-ciri keputihan yang tidak bermasalah yaitu warnanya bening, agak sedikit lengket dan tidak berbau. Jika kamu mengalami gejala-gejala lain yang dirasakan dari keputihan, barulah kondisi tersebut dikatakan sebagai keputihan abnormal.

Apa itu keputihan Abnormal? Yakni keputihan yang tidak wajar dan berpotensi menimbulkan penyakit. Keputihan tidak normal bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti gaya hidup, kurang menjaga kebersihan organ intim hingga adanya infeksi yang menyerang vagina sehingga keputihan yang kamu alami berlebih dan berbau.

Apabila keputihan yang dirasakan sudah sampai tahap ini sebaiknya kamu konsultasi dengan ahli kesehatan. Jangan menganggap masalah kesehatan satu ini sebagai hal yang sepele sebab keputihan bisa saja menjadi indikasi awal dari adanya penyakit serius yang bersarang di tubuh. Apakah ada solusi lain yang bisa mengatasi keputihan? Selain minta bantuan medis, kamu juga dapat mengobati masalah keputihan ini dengan cara-cara alami.

Seperti yang kita ketahui, cara alami jauh lebih aman dari efek samping dan tidak menimbulkan ketergantungan obat, lebih bagusnya pengobatan alami selalu paten sehingga keputihan tidak mudah kambuh lagi selama anda menjaga pola makan dan kebiasaan sehari-hari. Tak harus melakukan pengobatan medis, berikut adalah 10 racikan alami untuk mengobati keputihan abnormal.

10 Racikan Alami Untuk Mengobati Keputihan Abnormal

10 Racikan Alami Untuk Mengobati Keputihan Abnormal

Obati keputihan dengan daun sirih

Daun sirih merupakan salah satu racikan alami yang bisa mengatasi masalah keputihan. Daun sirih mengandung banyak zat aktif yang sangat berkhasiat melawan bakteri penyebab keputihan tidak normal. Untuk mengobati keputihan berlebih kamu bisa meramu daun sirih sendiri di rumah.

Cara pembuatannya pun sangat mudah, cukup rebus beberapa helai daun sirih yang sebelumnya sudah dibersihkan ke dalam 2 gelas air bersih. Biarkan hingga mendidih dan tersisa satu gelas, jika proses pemanasan sudah beres, minumlah ramuan ini sebanyak 1 kali sehari.

Meski daun sirih bisa mengatasi keputihan yang membandel, tapi tidak dianjurkan mengkonsumsi dalam jumlah banyak. Mengapa? Karena daun sirih berpotensi mengeringkan rahim dan membuatnya tidak subur, dikhawatirkan anda mengalami kemandulan.

Mengatasi keputihan dengan kunyit

Ramuan kedua yang bisa digunakan untuk mengobati keputihan tidak normal adalah kunyit. Kunyit mengandung tinggi anti bakteri alami sehingga sangat bermanfaat apabila dipakai untuk mengobati keputihan berlebih. Selain bisa mematikan parasit penyebab keputihan, dengan begini maka dipastikan vagina anda akan kembali kesat, bersih dan bebas keputihan.

Proses pengolahannya sendiri hampir mirip dengan daun sirih. Cukup campurkan bubuk kunyit secukupnya ke dalam air mendidih kemudian tunggu selama beberapa menit sampai keduanya tercampur rata. Jika sudah selesai minumlah air rebusan kunyit tersebut sesuai dosis. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa meminum air rebusan kunyit ini sebanyak 2 kali sehari.

Khusus untuk anda yang punya riwayat penyakit tertentu dan kebetulan sensitif terhadap kunyit sebaiknya tidak memilih metode pengobatan satu ini. Dikhawatirkan malah akan memperburuk kondisi kesehatan, sedangkan untuk penderita asam lambung dan maag, pemakaian kunyit masih terbilang aman.

Daun sambiloto

Racikan alami yang ketiga untuk mengobati keputihan tidak normal adalah dengan daun sambiloto. Siapa sih yang gak kenal daun satu ini? Namanya cukup familiar di telinga dan banyak dimanfaatkan pula oleh masyarakat Indonesia karena dipercaya bisa mengatasi beberapa gangguan kesehatan termasuk keputihan.

Jika anda mengalami keputihan tidak normal, silakan minum ramuan daun sambiloto sebanyak 1 kali sehari. Untuk jangka waktunya, bisa disesuaikan dengan perubahan yang dirasakan. Namun apabila memang khasiatnya terbukti efektif pada keputihan yang kamu alami, silakan lanjutkan sampai keputihan tersebut benar-benar hilang dari vagina anda.

Biji fenugreek

Sebaliknya, mungkin anda masih asing dengan biji fenugreek. Berbeda dengan daun sambiloto, biji fenugreek ini lebih terkenal sebagai bahan kecantikan. Jadi, masih jarang banget orang lain mengetahui manfaat biji fenugreek untuk kesehatan. Padahal sebuah penelitian telah membuktikan kalau biji fenugreek ini efektif sekali mengobati keputihan tidak normal.

Dalam kasus yang cukup jarang terjadi, biji fenugreek mampu memusnahkan bakteri penyebab keputihan dan mencegah vagina dari iritasi. Bukan cuma itu saja, biji fenugreek ini juga bisa menghilangkan gatal dan bau yang merupakan hal lumrah dan biasa terjadi pada mereka yang mengalami keputihan tidak normal.

Nah itulah 10 racikan alami untuk mengobati keputihan abnormal yang bisa kamu coba di rumah. Ingat ya, buat para sobat gumawao dimana pun berada dan punya riwayat kesehatan tertentu, namun ingin mencoba ramuan diatas. Sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan ahli medis atau dokter di klinik terdekat.

Posted By : Gumawo.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!