4 Deretan Masalah Haid Yang Sebaiknya Tidak Diabaikan

4 Deretan Masalah Haid Yang Sebaiknya Tidak Diabaikan,- Menstruasi merupakan hal lumrah yang terjadi setiap bulan pada wanita normal. Umumnya perempuan mengalami haid selama 4 – 7 hari paling lama.  Jika anda sering haid dalam waktu yang lebih panjang sebaiknya segera konsultasi dengan ahli kesehatan, dikhawatirkan ada gangguan serius yang menyerang sistem reproduksi anda.

Berbicara seputar masa periode, kali ini team gumawo bakalan kasih tau mengenai 4 deretan masalah haid yang sebaiknya tidak diabaikan. Bahasan sangat penting untuk diketahui seluruh wanita di dunia sebab bagus atau tidaknya siklus haid akan menentukan sebuah kehamilan.

Oleh karena itu, pastikan kalau teman-teman membaca artikel ini sampai akhir supaya bisa tau apa saja 4 deretan masalah haid yang sebaiknya tidak diabaikan tersebut. Daripada bingung dan penasaran sendiri, yuk langsung saja baca ulasan dibawah ini ya..

4 Deretan Masalah Haid Yang Sebaiknya Tidak Diabaikan

4 Deretan Masalah Haid Yang Sebaiknya Tidak Diabaikan

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa menstruasi mempunyai empat fase berbeda diantaranya ;

  • Fase pertama, menstruasi. Fase yang ditandai dengan luruhnya dinding rahim berisi pembuluh darah serta cairan lendir.
  • Fase kedua, folikular. Terjadi ketika kelenjar di otak mengeluarkan GnRH untuk merangsang indung telur dan membentul folikel yang berisi sel telur belum matang.
  • Fase ketiga, ovulasi. Mungkin ini sedikit gak asing ya, karena setiap orang pasti sudah mengetahui apa itu ovulasi. Ini merupakan fase dimana ovarium melepaskan sel telur yang sudah matang ke saluran indung sel telur.
  • Fase keempat, luteal. Sebuah fase yang akan terjadi pada saat folikel sudah mengeluarkan sel telur dan berubah menjadi jaringan yang dinamakan korpus luteum.

Nah itulah empat fase menstruasi yang seharusnya diketahui publik. Hal diatas tentu sangat diperlukan guna memantau setiap proses yang terjadi selama masa periode berlangsung. Sebenarnya, tidak perlu ada yang harus dikhawatirkan dari masa periode, karena hakekatnya setiap wanita pasti mengalami menstruasi. Kendati demikian, masih banyak dari kita yang sulit mendapatkan siklus haid yang normal.

Mungkin 4 deretan masalah haid yang sebaiknya tidak diabaikan berikut ini bisa menjadi jawaban, kenapa anda tidak mendapatkan siklus menstruasi teratur ;

♠ Terlambat Datang Bulan

Pada umumnya, banyak wanita yang beranggapan bahwa telat haid merupakan hal lumrah yang sudah biasa dialami. Padahal, jika diteliti lebih dalam sebenarnya terlambat datang bulan ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Mengapa? Beberapa study dan penelitian dari ahli kesehatan mengungkapkan bahwa terlambat datang bulan bisa saja disebabkan oleh faktor kesehatan lainnya.

Artinya, terlambat datang bulan terjadi karena memang ada sesuatu yang salah pada tubuh. Contoh kecil, telat haid dapat disebabkan oleh pola pikir, kebiasaan mengkonsumsi makanan dan olahraga yang salah. Patut diketahui, terlalu sering melakukan olahraga tidak bagus untuk kesehatan terutama siklus haid. Maka dari itu, jika kamu menyukai olahraga sebaiknya lakukan secara normal saja jangan berlebihan.

♠ Jadwal Haid Tidak Menentu

Sobat gumawo pernah gak mengalami hal ini? Belum waktunya haid, tapi tiba-tiba kamu sudah mendapatkan siklus menstruasi begitu saja. Selain kaget, pasti kalian juga bingung sendiri. Kenapa kok tidak sesuai dengan jadwal biasanya? Aku kasih tau ya, jadwal menstruasi yang tidak menentu sebenarnya disebabkan oleh kelenjar tiroid pada leher.

Apa hubungannya dengan siklus haid? Tentu ini sangat berkaitan erat. Karena kelenjar tiroid pada leher berfungsi sebagai pengatur hormon. Jadi, kalau tiba-tiba kamu mengalami menstruasi diluar jadwal biasanya sebaiknya ingat-ingat kembali. Mungkin sobat gumawo mengalami penyakit hipertioridisme atau sebaliknya, yakni hipotirodisme.

Untuk memastikan benar atau tidaknya, sebaiknya konsultasi dengan ahli kesehatan. Jangan sesekali, kamu mengabaikan hal ini ya, sebab penyakit tiroid cukup berpengaruh pada kesehatan reproduksi perempuan. Kalau langsung di cek ke dokter, setidaknya ada tindak lanjut yang dilakukan untuk mengobati kesehatan kelenjar tiroid anda.

♠ Kram Perut Yang Menyakitkan

Setiap kali menstruasi, perempuan pasti akan mengalami kram perut. Tapi, kalau kram perut yang dirasakan terlalu berlebihan dan menyiksa diri sebaiknya jangan dibiarkan. Perlu diketahui kalau tidak semua kram perut pada siklus haid itu normal adanya. Bahkan beberapa ahli kesehatan telah mengaitkan kondisi ini dengan penyakit endometriosis.

Seperti yang diketahui, penyakit endometriosis ini cukup membahayakan kesehatan reproduksi karena bisa berdampak buruk bagi kesuburan dan kinerja fungsi jaringan rahim. Dalam kasus yang sering terjadi, endometriosis bahkan mampu menimbulkan kemandulan apabila tidak ditangani secara tepat.

♠ Mood Berubah-ubah

Nah, yang terakhir ini pasti kalian sudah pada paham! Yaps, mood yang berubah-ubah seringkali dikaitkan dengan PMS. Ini memang benar dan wajar terjadi sebab ketika masa periode kondisi hormon tidak stabil. Tapi, kalau mood kamu tidak terkontrol dan selalu naik turun, sebaiknya sobat jangan tinggal diam. Kondisi mood yang mudah berubah selama menstruasi menandakan kalau kamu tidak hanya mengalami PMS.

Lalu apa yang sebenarnya terjadi? Perubahan mood yang tidak menentu telah dikaitkan dengan penyakit mental. Keadaan ini tak cuma bikin mood jadi buruk tapi juga dapat membuat kepribadianmu hilang. Artinya, penyakit mental PMDD ini bisa menyebabkan seseorang menjadi antisosial dan sulit beradaptasi dengan lingkungan.

Itulah 4 Deretan Masalah Haid Yang Sebaiknya Tidak Diabaikan. Cukup ngeri juga ya, gak nyangka ternyata siklus haid juga bisa mendatangkan masalah kesehatan cukup serius. Dengan adanya masalah-masalah tersebut, tentu kalian harus lebih waspada sebab siklus haid yang buruk dapat memengaruhi kesehatan tubuh lainnya.

Posted By : Gumawo.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!