5 Makanan Yang Bisa Tingkatkan Risiko Keguguran

5 Makanan Yang Bisa Tingkatkan Risiko Keguguran,- Keguguran merupakan keluarnya janin sebelum memasuki usia dua puluh minggu. Keguguran bisa berlangsung sangat menyakitkan dan menyedihkan bagi setiap wanita yang mengalaminya. Keguguran terjadi akibat berbagai faktor bisa karena janin yang memang tidak berkembang, jatuh, atau bahkan dari setiap makanan yang kita konsumsi.

Tak bisa dipungkiri, sampai detik ini makanan masih menjadi penyebab utama dari rusaknya kesehatan tubuh seseorang, termasuk wanita hamil. Makanan diklaim sangat memengaruhi keberlangsungan hidup, jika kita tidak pandai memilih dan menjaga asupan makanan maka dampaknya akan sangat merugikan tubuh.

Oleh karena itu kita harus lebih cerdas dalam memilih makanan supaya fungsi dan kinerja organ dalam tubuh tetap optimal. Ibu hamil juga tidak kalah penting lho untuk memerhatikan asupan makanan, apalagi kan ini berhubungan langsung dengan buah hati kita. Bunda tentunya lebih mengetahui apa yang harus dilakukan. Biar gak salah kaprah dalam memilih hidangan, sebaiknya kenal 5 makanan yang bisa tingkatkan risiko keguguran berikut ini.

5 Makanan Yang Bisa Tingkatkan Risiko Keguguran

5 Makanan Yang Bisa Tingkatkan Risiko Keguguran

Ingatlah, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati

Ikan tinggi merkuri

Ikan memang mengandung tinggi protein, namun jika dikonsumsi secara berlebihan juga tidak baik. Apalagi kalau ikan tersebut sudah terpapar merkuri. Yang ada bukan menyehatkan tapi justru sebaliknya, ikan tersebut sudah rusak dan tidak punya nilai gizi lagi.

Ikan bermerkuri sangatlah berbahaya apabila dikonsumsi, terlebih oleh ibu yang sedang hamil. Bisa-bisa kandungan merkuri didalamnya mengancam kesehatan janin.

Adapun bahaya lain yang disebabkan oleh ikan bermerkuri adalah kerusakan otak pada bayi, proses tumbuh kembang menjadi terhambat, hingga berpotensi menyebabkan keguguran.

Maka dari itu, ibu hamil harus lebih berhati-hati dalam memilih ikan. Ikan todak dan ikan makarel merupakan dua jenis ikan yang terkenal tinggi merkuri, sebaiknya bunda lebih berhati-hati lagi ya..

Telur setengah matang

Telur juga termasuk salah satu makanan tinggi protein lho bun, tapi kalau dimasak setengah matang bukan malah menyehatkan. Tapi bisa mengancam tubuh, telur setengah matang mengandung bakteri yang berpotensi menyebabkan kerusakan pada struktur jaringan.

Jika memasak telur setengah matang ini dibiasakan maka bukan hanya kerusakan yang di dapatkan melainkan juga kehilangan janin apabila kebiasaan ini dilakukan oleh ibu hamil.

Hasil laut yang di asap

Makanan laut yang di asap sangat tidak dianjurkan apabila dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan berbagai gangguan termasuk keguguran. Ini dikarenakan makanan laut yang masih mentah cenderung mengandung bakteri listeria yang apabila dikonsumsi berpotensi menyebabkan demam, nyeri otot, mual dan diare.

Lebih berbahaya lagi, bakteri tersebut bisa menginfeksi bagian lain pada tubuh secara tiba-tiba sehingga tak heran kalau penderitanya mengalami kerusakan parah pada sistem saraf.

Nah itulah 5 makanan yang bisa tingkatkan risiko keguguran bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Pastikan bunda tetap mencukupi kebutuhan nutrisi, protein, zinc dan asupan vitamin lainnya supaya janin tetap dalam kondisi prima.

Jangan sesekali mencicipi makanan yang memang tidak disarankan oleh ahli kandungan karena hal ini dapat menimbulkan reaksi cukup serius pada kehamilan. Semoga bermanfaat ~ Gumawo.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!