6 Sinyal Yang Diberikan Tubuhmu Jika Kurang Tidur

6 Sinyal Yang Diberikan Tubuhmu Jika Kurang Tidur,- Tidur merupakan kegiatan alami dari tubuh yang tidak bisa dibantah. Setiap makhluk yang bernyawa di bumi ini pasti akan mengalami rasa kantuk kemudian tertidur. Begitu pula dengan manusia, banyaknya kegiatan yang dilakukan setiap hari membuat tubuh terasa lelah dan butuh istirahat. Itulah sebabnya kenapa kamu memerlukan waktu tidur berkualitas.

6 Sinyal Yang Diberikan Tubuhmu Jika Kurang Tidur

Tahukah kamu?

Kurang tidur bisa menyebabkan seseorang mudah terserang gangguan kesehatan. 

Jika kebiasaan ini dibiarkan terus menerus dan tidak dilakukan perubahan, maka dampaknya bagi tubuh bisa jauh lebih berisiko. Maka dari itu, penting untuk kamu mengetahui apakah tubuh mengalami kurang istirahat atau tidak. Biar kamu gak pusing sendirian, yuk ketahui 6 sinyal yang diberikan tubuhmu jika kurang tidur berikut ini ↵

6 Sinyal Yang Diberikan Tubuhmu Jika Kurang Tidur

1. Mudah terserang penyakit

Dari berbagai penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa kurang tidur memiliki keterkaitan erat dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan tubuh selalu dipaksa bekerja lebih keras dari siang hingga malam hari. Dari sinilah, kemampuan tubuh melawan penyakit akan mulai melemah.

Kalau kamu ingin sistem kekebalan tubuh kembali kuat, cobalah untuk selalu tidur tepat waktu karena bagaimana pun tubuh membutuhkan waktu untuk istirahat supaya bisa menghasilkan citokynes. Ini adalah hormon yang berfungsi mencegah peradangan dan infeksi pada tubuh.

2. Menurunnya kesehatan jantung

Sinyal yang diberikan tubuh jika kurang tidur adalah menurunnya kesehatan jantung. Hal ini bisa terjadi apabila kamu memiliki waktu tidur kurang dari 5 jam perhari atau bahkan lebih dari 9 jam.

Ya memang yang “berlebihan” juga tidak baik bagi kesehatan. Bahkan dalam sebuah study dikatakan bahwa kurang tidur berpotensi mengembangkan penyakit jantung dan serangan stroke.

3. Meningkatkan risiko kanker

Kurang tidur bisa berisiko cukup serius, tubuhmu bahkan mampu meningkatkan risiko kanker dua kali lebih mungkin. Kanker payudara dan prostat adalah dua jenis penyakit mematikan yang kerap dialami oleh mereka yang punya kebiasaan begadang.

Intinya cukupi kebutuhan tidur selama 8 jam perhari supaya kondisi tubuh tetap prima dan kinerja organ didalamnya pun terjaga dengan baik.

4. Merusak mood

Kalau hari ini kamu merasa mood sangat buruk, malas, dan tidak bergairah. Coba perhatikan kembali, apakah semalam tidur tepat waktu? Atau justru sebaliknya? Begadang hingga larut malam. Bagaimana pun jam tidur itu penting untuk dimiliki, ingat kamu itu bukan robot.

Tubuh perlu waktu untuk memulihkan energi yang sudah hilang hari ini.  Jika kamu mau memperbaiki mood, mulai sekarang tidurlah lebih awal. Jangan nonton TV tiga puluh menit sebelum tidur, karena ini bisa membuatmu sulit tidur.

5. Mudah lupa

Mudah lupa juga termasuk salah satu sinyal yang diberikan tubuh jika kamu kurang tidur. Hal ini disebabkan oleh otak yang tidak punya kemampuan cukup untuk mengingat sesuatu sekali pun itu hal sepele. Fungsi otak menurun secara drastis dan sulit untuk menyerap informasi.

Jadi bagaimana? Masih mau melanjutkan aktivitas di malam hari? Cukuplah seharian penuh tubuhmu bekerja, malam hari biarlah menjadi waktu menenangkan pikiran dan otak.

6. Menurunnya gairah seksual

Usiamu masih muda tapi libido sudah bermasalah? Mungkin kurang tidur penyebabnya. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pria muda yang begadang selama satu minggu menunjukkan penurunan testosteron. Bahkan tidur kurang dari waktu 5 ja, bisa menurunkan tingkat libido hingga 15%. Bukankah ini sangat merugikan?

Intinya berbagai sinyal yang diberikan tubuhmu tersebut merupakan peringatan dini supaya kamu bisa melakukan perubahan gaya hidup. Ingat ya, bukan hanya makanan saja yang berisiko menyebabkan penyakit.

Kebiasaan buruk yang dilakukan berulang kali pun terbukti dapat memicu gangguan kesehatan yang lebih kronis. So? Dapatkan waktu tidur terbaik mulai sekarang. Stop begadang sampai larut malam, apalagi kalau tidak ada hal yang memang harus dikerjakan 🙂

Gumawo.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!