Bagaimana Menilai Calon Pasangan Yang Baik Menurut Islam

Bagaimana Menilai Calon Pasangan Yang Baik Menurut Islam,- Bukan cuma lelaki saja yang ingin mendapatkan calon istri yang baik, setia, dan shalehah saat menikah kelak. Namun setiap perempuan juga selalu berharap mendapatkan pendamping yang shaleh agar dapat menuntun dan mengajarkan kita ke dalam kebaikan.

Sebenarnya ini hal yang logis, karena buruk dan bagusnya calon suami akan menentukan masa depan kita nanti. Jadi, tidak heran ya sob kalau sekarang banyak kaum hawa yang berlomba-lomba menyeleksi pria dengan ketat supaya mendapatkan imam yang baik di masa depan.

Lalu bagaimana menilai calon pasangan yang baik menurut islam? Berdasarkan ajaran dalam Al-Qur’an dan Hadist berikut ini merupakan beberapa kriteria yang baik untuk kita jadikan pasangan di masa depan.

Bagaimana Menilai Calon Pasangan Yang Baik Menurut Islam

Paling utama pastinya satu agama. Jangan cuma baik, tapi pasangan yang kita pilih juga harus beragama islam ya sob!

Bagaimana Menilai Calon Pasangan Yang Baik Menurut Islam

Dalam Islam sudah jelas dikatakan bahwa wanita muslimah harus memilih pria yang beragama islam pula untuk menikahinya. Pernyataan tersebut diperkuat dengan adanya firman Allah SWT yang artinya ” Janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mu’min)” sepenggal Hadist dari Q.S Al-Baqarah ini sudah cukup jelas menegaskan bahwa perempuan muslim harus menikah dengan lelaki beragama Islam.

Taat dan Soleh adalah point penting kedua yang harus dimiliki calon pasangan.

Bagaimana Menilai Calon Pasangan Yang Baik Menurut Islam

Taat beragama merupakan kunci kedua yang harus kamu seleksi dalam memilih calon pasangan menurut Islam. Ini artinya kamu harus benar-benar memilih calon suami yang selalu menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Jadi jangan cuma lihat dari fisik saja ya sob, tapi akhlaknya juga perlu dipertimbangkan supaya beliau bisa menjadi Imam yang baik untuk istri dan anak-anakmu kelak.

Dianjurkan memilih calon pasangan dari keluarga dan nasab yang baik.

Bagaimana Menilai Calon Pasangan Yang Baik Menurut Islam

Bukan cuma lelaki saja yang harus mencari perempuan dari keluarga yang baik, namun wanita juga perlu. Bahkan dalam islam perempuan sangat disarankan untuk memilih calon suami dari keluarga dan nasab yang baik. Hal ini sangat penting untuk menunjang kehidupanmu bersamanya di masa depan. Jadi jangan cuma lihat kedudukannya saja, melainkan juga harus mempunyai akhlakul kharimah yang baik pula.

Sobat juga dianjurkan mencari calon pasangan yang taat terhadap kedua orang tuanya.

Bagaimana Menilai Calon Pasangan Yang Baik Menurut Islam

Kenapa? Karena berdasarkan beberapa Hadist dari Nabi Muhammad SAW mengungkapkan bahwa anak yang taat terhadap kedua orangtuanya akan mendapatkan jaminan keselamatan berupa syurga. Jadi pilihlah pria yang memang mempunyai sikap baik pada orangtuanya, dengan begitu dia juga pasti dapat menghargai kamu sebagaimana beliau menghargai ayah dan ibunya. Jangan lupa share dan bagikan pada teman-temanmu ya ­čśë

Bagaimana Menilai Calon Pasangan Yang Baik Menurut Islam Bagaimana Menilai Calon Pasangan Yang Baik Menurut Islam Bagaimana Menilai Calon Pasangan Yang Baik Menurut Islam Bagaimana Menilai Calon Pasangan Yang Baik Menurut Islam Bagaimana Menilai Calon Pasangan Yang Baik Menurut Islam Bagaimana Menilai Calon Pasangan Yang Baik Menurut Islam

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!