Cara Mengobati Konstipasi Dengan Buah Alpukat

Cara Mengobati Konstipasi Dengan Buah Alpukat,- Konstipasi atau yang biasa kita kenal dengan sembelit merupakan keadaan dimana tinja sulit di keluarkan. Gangguan pada sistem pencernaan ini sangat berisiko apabila tidak diobati dengan segera. Bahkan di Cina, pernah ada kasus seorang pemuda yang hampir mati akibat sembelit dan tidak mengeluarkan veses sejak lahir.

Kondisi sembelit yang sudah parah bisa dikategorikan sebagai penyakit Hirschsprung’s (kondisi dimana penderitanya tidak buang air besar sama sekali). Selain itu, Hirschsprung’s juga dianggap sebagai cacat lahir yang menyebabkan tersumbatnya saluran pencernaan sehingga penderitanya mengalami sembelit kronis.

Jika kamu tak mau kondisi semakin memburuk sebaiknya atasi konstipasi yang dialami sekarang juga. Bagaimana caranya? Apakah cukup dengan minum obat pencahar? STOP! Jangan keseringan minum obat pencahar. Pada awalnya, obat pencahar bisa mengeluarkan tinja yang keras, namun jika dikonsumsi dalam jangka panjang maka efeknya akan berbanding terbalik.

Obat pencahar tidak akan berfungsi lagi dan lebih mirisnya bisa melukai organ lainnya dalam tubuh seperti hati, ginjal bahkan lambung. Oleh karena itu, jika sembelit menyerang sistem pencernaan anda dan tergolong masih ringan cobalah untuk mengkonsumsi makanan-makanan sehat. Seperti cara mengobati konstipasi dengan buah alpukat yang akan kita bahas berikut ini.


Cara Mengobati Konstipasi Dengan Buah Alpukat


Cara Mengobati Konstipasi Dengan Buah Alpukat

Alpukat merupakan jenis buah yang kaya akan vitamin E dan lemak sehat. Alpukat diklaim dapat mengobati konstsipasi sehingga anda lebih mudah buang air besar. Alpukat bahkan terbukti bisa menghaluskan pergerakan usus dan zat antioksidan didalamnya mampu mencegah peradangan pada saluran pencernaan.

Bahkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University Of Maryland Medical Center menjelaskan bahwa alpukat mengandung banyak serat yang sangat bagus untuk pencernaan. Selain itu alpukat juga bisa mencegah terjadinya sembelit. Artinya setiap kandungan yang dimiliki alpukat mampu menciptakan manfaat luar biasa bagi kesehatan pencernaan kita.

Jadi mulai sekarang jika kamu mengalami sembelit, cobalah konsumsi alpukat. Bisa dimakan langsung atau dijadikan segelas jus segar tanpa es dan gula. Pastikan kamu tidak mengkonsumsinya secara berlebihan karena bagaimana pun alpukat mengandung lemak tinggi yang bisa berakibat buruk jika dimakan secara berlebihan.

Selain bisa mengatasi konstipasi, alpukat juga bermanfaat untuk ;

Menyerap vitamin

Selain bisa mengobati konstipasi atau sembelit, alpukat juga dapat membantu penyerapan vitamin. Selama ini orang-orang hanya tau kalau lemak dalam alpukat cuma bermanfaat untuk memperindah rambut. Faktanya, lemak sehat dalam alpukat dapat melakukan penyerapan vitamin A, D, K, dan E.

Seperti yang diketahui, vitamin K ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh seseorang karena mampu mengatasi pembekuan darah. Sementara vitamin E dalam alpukat bertugas untuk memperbaiki kerusakan sel kulit dan jaringan lainnya pada tubuh.

Kesehatan jantung

Kandungan vitamin B6 dan Asam folat pada alpukat mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Makan alpukat secara rutin mampu menjaga kesehatan jantung agar tidak mudah terserang penyakit. Artinya, alpukat juga sekaligus mempunyai pelindung alami untuk mencegah masuknya penyakit ke organ jantung.

Mengontrol tekanan darah

Selanjutnya, alpukat juga bisa mengontrol tekanan darah dan mengatasi hipertensi. Hal ini tidak terlepas dari kandungan kalium yang terdapat didalamnya.

Meningkatkan kesehatan mata

Alpukat memiliki kandungan Carotenoid lutein yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Alpukat di klaim mampu menjaga mata dari penyakit degenerasi makular yang disebabkan oleh faktor usia.

Berikut cara mengobati konstipasi dengan buah alpukat beserta khasiat lainnya untuk kesehatan tubuh. Sebenarnya, kita tidak akan mudah mengalami penyakit kalau pandai menjaga sistem imunitas tubuh. Terpenting, kalau tubuh memberikan respon ingin buang air besar, jangan ditahan.

Hal ini pada dasarnya banyak dilakukan oleh masyarakat luas dengan sejumlah alasan. Kalau terus-terusan ditahan ya gak heran kalau lama kelamaan malah menimbulkan konstipasi.

Gumawo.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!