Cara Mengobati Ulu Hati Yang Terasa Perih

Cara Mengobati Ulu Hati Yang Terasa Perih,- Ulu hati merupakan salah satu organ tubuh manusia yang kerap mengalami masalah. Tak sedikit masyarakat Indonesia, yang mengeluhkan bahwa mereka menderita penyakit ulu hati. Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan anda mengalami gangguan ulu hati. Salah satu paling familiar di telinga adalah penyakit maag dan naiknya asam lambung.

Ulu hati atau dalam bahasa medis dikenal dengan epigastrium seringkali menimbulkan sensasi mual, perih dan ketidaknyamanan pada penderitanya. Kondisi ini biasanya dipicu oleh berbagai hal termasuk gaya hidup tidak sehat, konstipasi, makan dengan cepat, terlalu banyak konsumsi makanan berlemak hingga adanya gangguan yang menyerang organ lambung.

Jika gangguan pada ulu hati dibiarkan begitu saja, maka lambat laut akan memengaruhi kinerja organ lainnya dalam tubuh. Oleh karena itu, jika anda merasakan sensasi perih yang disertai sesak pada ulu hati sebaiknya segera cari pengobatan. Dikhawatirkan, ada kondisi lebih serius yang menyerang ulu hati. Gak melulu harus konsumsi obat dokter, berikut cara mengobati ulu hati yang terasa perih dan bisa dicoba di rumah.


Cara Mengobati Ulu Hati Yang Terasa Perih


Cara Mengobati Ulu Hati Yang Terasa Perihhttps://gumawo.com

Semua orang pasti pernah mengalami kondisi sakit pada ulu hati, selain menyebabkan ketidaknyamanan gangguan pada ulu hati juga dapat merusak aktivitas karena bisa menyebabkan mual hingga muntah-muntah. Tapi, meski demikian tampaknya sekarang sobat tak perlu risau lagi. Kali ini team gumawo bakalan kasih sedikit bocoran mengenai cara mengobati ulu hati yang terasa perih.

Bagaimana sih cara mengobatinya? Yuk, simak beberapa ulasan berikut ;

Obati dengan ramuan temulawak

Siapa yang tidak mengenal jenis obat tradisional satu ini? Temulawak bahkan sudah mendapatkan pengakuan dari seluruh dunia karena khasiatnya bagi kesehatan sangat berlimpah.  Tak hanya bisa menghangatkan tubuh di musim dingin, ramuan temulawak juga diklaim dapat mengobati ulu hati yang terasa perih.

Hal tersebut tidak semata-mata muncul begitu saja, temulawak mengandung banyak zat aktif yang menyehatkan tubuh dan terbukti bagus untuk memperbaiki fungsi ulu hati. Bukan itu saja, temulawak juga cocok dikonsumsi oleh penderita asam lambung sehingga tidak menyebabkan rasa perih pada ulu hati.

Untuk membuat ramuan obat dari temulawak cukup siapkan 1 rimpang temulawak yang sudah dibersihkan. Kemudian, iris secara tipis-tipis. Jika sudah selesai, rebus irisan temulawak tersebut ke dalam 5 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Jika semua proses telah selesai, maka minumlah ramuan ini sebanyak 2 kali sehari supaya ulu hati kembali membaik.

Minum ramuan dari kunyit

Antioksidan yang terkandung dalam kunyit sangat bagus untuk mengobati ulu hati yang teras perih. Apalagi jika anda seorang penderita maag atau asam lambung, kunyit merupakan salah satu obat tradisional yang sangat direkomendasikan. Untuk mengolah kunyit sebagai obat pereda nyeri ulu hati, kamu bisa menyiapkan 2 batang kunyit yang sudah dibersihkan.

Kemudian, parut hingga benar-benar halus. Jika sudah, siapkan 2 gelas air lalu panaskan hingga  mendidih. Setelah air mendidih, baru masukan parutan kunyit yang telah disiapkan sebelumnya. Aduk hingga rata dan panaskan kembali sampai tersisa satu gelas. Untuk mendapatkan hasil perubahan terbaik, minumlah ramuan ini sebanyak 1 kali sehari.

Terakhir, bisa menikmati daun mint 

Daun mint tak cuma baik untuk kulit namun juga bagus untuk menjaga kesehatan. Daun mint bahkan telah dipercaya mampu mengobati berbagai keluhan seperti nyeri lambung, sakit pada ulu hati, sering mual dan muntah, kram perut atau sesak nafas. Itu sebabnya, mengapa daun mint banyak direkomendasikan oleh beberapa pakar kesehatan. Selain alami, khasiatnya untuk kesehatan juga tidak diragukan lagi.

Cara penyajian daun mint cukup praktis, campurkan daun mint secukupnya ke dalam teh yang akan kamu minum. Lakukan kegiatan ini secara rutin supaya gangguan pada ulu hati cepat teratasi. Menganggap hal-hal sepele sebagai sesuatu yang aman, merupakan kebiasaan salah. Justru, dari hal yang kecil bisa memicu sesuatu yang besar. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu mengontrol kesehatan dengan baik.

Supaya tidak ada gangguan yang menyerang organ-organ dalam tubuh. Kalau kamu sudah punya riwayat penyakit sebelumnya yang berhubungan dengan ulu hati, alangkah lebih baik jika mulai sekarang memerhatikan asupan makanan dan mengurangi pengonsumsian makanan tinggi lemak. Apalagi, berbagai makanan cepat saji yang sejatinya merupakan pemicu utama dari datangnya berbagai gangguan kesehatan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!