Fakta Menarik Seputar Menstruasi Pada Wanita

Fakta Menarik Seputar Menstruasi Pada Wanita,- Haid, datang bulan atau menstruasi merupakan kondisi normal yang terjadi pada wanita setiap bulannya. Menstruasi terjadi akibat sel telur yang tidak dibuahi, sel telur tersebut keluar secara bersamaan dengan dinding rahim dan banyak mengandung pembuluh darah.

Normalnya, perempuan mengalami menstruasi 1 kali dalam sebulan yang berkisar antara 3-7 hari. Lalu bagaimana jika wanita mengalami masa periode 2 kali dalam sebulan? Kamu tidak perlu khawatir, karena kondisi ini masih tergolong normal. Namun biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti stres, kenaikan atau penurunan berat badan, kelelahan serta pubertas.

Meski menstruasi ini normal pada perempuan, namun sepertinya kamu juga harus mengetahui berbagai fakta menarik seputar menstruasi. Hal ini penting untuk kamu ketahui karena sekarang banyak beredar kabar bahwa perempuan yang sedang menstruasi dilarang keramas. Lantas apakah hal tersebut benar-benar fakta? Atau hanya mitos belaka? Yuk, lihat jawabannya berikut ini.

Fakta Menarik Seputar Menstruasi Pada Wanita

Wanita tidak boleh keramas ketika sedang menstruasi. Mitos atau fakta ya?

Fakta Menarik Seputar Menstruasi Pada Wanita

 

Menurut Islam wanita memang tidak diperbolehkan untuk melakukan keramas ketika haid. Namun dalam ilmu kedokteran, rambut akan mengalami berbagai kerusakan apabila tidak dirawat dengan benar. Bahkan tidak mencuci rambut ketika menstruasi bisa menyebabkan kerontokan parah pada rambut.

Jadi kita bisa mengambil dua kesimpulan mengenai pernyataan ini tergantung dari sisi mana kita mengambilnya. Namun secara umum, tidak boleh keramas saat haid merupakan fakta karena bisa menyebabkan pusing. Hal ini dikarenakan ketika sedang menstruasi, pori-pori akan terbuka lebar dan akan kembali mengecil saat haid berakhir.

Dilarang berenang saat masa periode karena dapat menyebabkan infertilitas

Fakta Menarik Seputar Menstruasi Pada Wanita

Infertilitas atau kemandulan seringkali dikaitkan dengan kebiasaan renang saat sedang menstruasi. Hal ini dikarenakan katanya darah haid bisa membeku hingga akhirnya tidak keluar. Selain itu, renang ketika menstruasi juga bisa menyebabkan kemandulan akibat banyaknya bakteri yang terakumulasi dalam kolam renang.

Lalu apakah hal ini benar adanya? Ini adalah fakta. Jadi buat kamu yang lagi haid mendingan gak usah dulu berenang, dikhawatirkan banyak kuman yang masuk ke dalam lubang vagina hingga akhirnya menyebabkan infeksi yang memicu tumbuhnya gangguan kesehatan di rahim.

Baca juga : Racikan Pelancar Menstruasi Paling Mujarab

Faktanya darah menstruasi bukanlah darah kotor seperti yang dipercaya oleh kebanyakan orang.

Fakta Menarik Seputar Menstruasi Pada Wanita

Kita seringkali beranggapan bahwa darah menstruasi merupakan darah kotor yang keluar dari tubuh. Setelah menstruasi, badan memang terasa lebih fit, segar dan enteng. Tapi perlu diketahui bahwa darah haid bukan darah kotor. Darah menstruasi hampir mirip dengan darah lainnya yang keluar dari tubuh karena kita terkena benturan atau terjatuh. Perbedaannya darah menstruasi keluar disertai dengan jaringan dari dinding rahim yang mengalami peluruhan.

Terakhir, berenang di laut pada saat haid tidak akan membuatmu diserang oleh Hiu.

Fakta Menarik Seputar Menstruasi Pada Wanita

Banyak dari kita yang percaya bahwa berenang ketika haid di laut berpotensi di serang ikan hiu karena bau amis yang menyengat dari darah menstruasi. Faktanya ini hanya mitos, air laut bisa menetralisir bau amis yang disebabkan oleh darah. Bahkan sampai saat ini tidak pernah ada laporan yang mencatat terkait serangan ikan hiu pada wanita yang sedang menstruasi. Jadi kalau mau berenang di lautan ya berenang saja asalkan jangan terlalu lama dan tetap perhatikan keselamatan.

Posted By : Gumawo.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!