Jenis Olahraga Yang Tidak Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Jenis Olahraga Yang Tidak Dianjurkan Untuk Ibu Hamil,- Kehamilan adalah anugerah terindah yang senantiasa disyukuri oleh perempuan. Kehamilan memberikan nikmat dan kebahagiaan tersendiri bagi pasangan yang sudah menikah dan sedang mengidamkan momongan. Ketika hamil juga, wanita kerap melakukan yang terbaik supaya janin dalam kandungannya tetap tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Ada banyak hal yang biasa dilakukan oleh perempuan hamil, mulai dari memilih makanan yang akan dikonsumsi, melakukan kebiasaan yang tidak berisiko bagi janin, juga berolahraga setiap akhir pekan. Alasannya lagi-lagi biar si jabang bayi tetap sehat dan lancar ketika proses persalinan berlangsung. Ini sangat wajar, karena setiap calon orangtua pasti akan melakukan yang terbaik demi buah hatinya.

Alih-alih ingin mendapatkan kesehatan yang mempuni selama kehamilan, faktanya selama ini banyak ibu hamil yang belum mengetahui berbagai jenis olahraga. Ya, memang olahraga itu menyehatkan. Tapi kalau untuk ibu hamil ada beberapa latihan yang memang tidak boleh atau kurang disarankan. Tentu ini memiliki keterkaitan dengan kesehatan janin dalam rahim.

Mau olahraga dan kesehatan bayi tetap terjaga? Ayo perhatikan jenis olahraga yang digeluti dari sekarang. Bagaimana caranya? Ketahui jenis olahraga apa saja yang tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Dengan begitu, bunda bisa mengurangi risiko buruk yang mungkin terjadi selama kehamilan.

Jenis Olahraga Yang Tidak Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Jenis Olahraga Yang Tidak Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Gym

Siapa sih yang gak suka ke gym? Bahkan sekarang wanita pun banyak yang ke gym untuk mendapatkan bentuk tubuh idealis. Meski begitu, gym tidak disarankan ya buat ibu hamil. Alasannya, selain berisiko bagi kesehatan janin gym juga dikhawatirkan menyebabkan cedera. Entah itu latihan dengan tangan kosong atau menggunakan alat, sebaiknya bunda hindari gym untuk sementara waktu, minimal sampai tubuh kembali fit pasca melahirkan.

Aerobik

Aerobik adalah salah satu jenis olahraga yang banyak digandrungi kaum wanita. Tua dan muda bersatu ketika senam aerobik dimulai. Namun sayangnya, ibu hamil tidak bisa ikut melakukan aerobik karena berbagai alasan. Ini berlaku untuk bunda yang hamil muda dan tua ya.

Gerakan aerobik yang aktif dan perut besar ibu hamil merupakan dua unsur yang kurang sinkron karena dapat menyebabkan kelelahan kronis pada ibu sesuai senam tersebut dilakukan. Itu alasannya mengapa aerobik tidak dianjurkan untuk ibu hamil.

Bowling

Olahraga satu ini tampak terlihat sederhana dan asik ketika permainannya dimulai. Yang menjadi permasalahan, bola bowling yang harus diayun untuk kemudian di gelidingkan, memerlukan keseimbangan yang kuat. Jika bunda tak bisa menjaga keseimbangan dengan baik bisa-bisa malah terbawa atau cedera. Maka dari itu, ibu hamil sangat tidak diperbolehkan melakukan aktivitas latihan yang satu ini.

Bersepeda

Bersepeda dapat menyebabkan kelelahan dan kurang keseimbangan, apalagi pada ibu hamil yang dominan membawa janin kemana pun ia pergi. Melakukan olahraga bersepeda dapat menyebabkan ibu hamil berisiko mengalami cedera, bahkan pada mereka yang hamil muda, kondisi ini dapat menimbulkan keguguran. Maka dari itu, ibu hamil tidak boleh melakukan olahraga bersepeda sekali pun itu dalam waktu sebentar dan jarak dekat.

Itulah beberapa jenis olahraga yang tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Adapun olahraga lainnya yang lebih direkomendasikan adalah olahraga renang, meditasi, yoga dengan gerakan yang sederhana, streching, senam hamil yang ringan dan lain sebagainya. Ibu hamil juga tidak dibolehkan mengkonsumsi makanan mentah, minum alkohol, rokok, terlalu banyak menikmati jeroan, hati ayam, dan lain sebagainya.

Gumawo.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!