Makan Pepaya Terlalu Banyak Sebabkan Keguguran Benarkah

Makan Pepaya Terlalu Banyak Sebabkan Keguguran Benarkah,- Pepaya merupakan buah yang sangat manis dan disukai banyak orang. Pepaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, bahkan diklaim mampu melancarkan buang air besar dan meredakan gejala sembelit. Makan pepaya setiap hari ternyata juga bagus untuk kesehatan kulit karena mampu melembapkan, mencerahkan dan menjaga elastisitas kulit agar tetap kencang.

Di dalam pepaya terkandung sejumlah zat aktif dan berbagai vitamin yang bermanfaat bagi tubuh diantaranya Vitamin A,B1,B5,E,K, likopen, serat, kalsium, potasium, folat dan magnesium. Semua kandungan tersebut tentu sangat bermanfaat untuk tubuh manusia. Itu sebabnya kenapa pepaya ini banyak diminati, bukan orang dewasa saja melainkan juga anak-anak.

Ada berbagai cara yang bisa kamu coba untuk mengolah pepaya. Bisa dimakan langsung, dibuat menjadi smoothies, es buah atau lain sebagainya. Kendati pepaya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, faktanya tidak semua orang bisa mengkonsumsi pepaya. Ada beberapa orang yang sebenarnya kurang disarankan memakan pepaya, salah satunya adalah ibu hamil.

Konon, ibu hamil tidak boleh terlalu banyak makan pepaya. Hal dini dikarenakan pepaya dapat mengganggu masa kehamilan bahkan berisiko mengalami keguguran. Lantas apakah informasi tersebut benar adanya? Atau hanya sekadar mitos belaka yang masih dipercaya banyak orang? Untuk mengetahui jawabannya, kamu bisa simak ulasan berikut ini.

Makan Pepaya Terlalu Banyak Sebabkan Keguguran Benarkah

Makan Pepaya Terlalu Banyak Sebabkan Keguguran Benarkah

Selama masa kehamilan, perempuan memang harus lebih pandai memilih makanan. Tentu ini dilakukan supaya tidak membahayakan janin yang ada di dalam kandungan. Sama halnya dengan nanas, makan buah nanas sangat berisiko karena bisa menyebabkan keguguran begitu pula dengan pepaya, khususnya pepaya muda.

Pepaya muda yang dimakan oleh ibu hamil bisa menyebabkan keguguran karena mengandung enzim papain yang sangat tinggi yang bisa mengaktifkan hormon prostaglandin, dimana hormon tersebut bekerja mengintruksikan kontraksi pada rahim.Makan Pepaya Terlalu Banyak Sebabkan Keguguran Benarkah

Inilah mengapa sebabnya ibu hamil tidak disarankan makan pepaya muda, jika kontraksi berlangsung sudah pasti dapat membahayakan janin bahkan berujung keguguran. Adapun ibu hamil yang rawan keguguran akibat kebiasaan terlalu sering makan pepaya muda adalah di trimester awal.

Berbagai bahaya mungkin bisa bermunculan bahkan pepaya muda mampu mempengaruhi perkembangan embrio dan kontraksi uterus.  Intinya, moms tidak boleh makan pepaya muda. Kalau sudah matang, boleh-boleh saja, tapi tetap jangan berlebihan pula. Pepaya matang memiliki kandungan vitamin C yang dapat menjaga kesehatan sel, membentuk kolagen dan tulang.

Jadi makan pepaya saat hamil boleh-boleh saja. Asalkan dalam jumlah yang sesuai dan kondisi buah sudah betul-betul matang. Jangan sesekali mencoba makan pepaya muda karena dampaknya bagi janin sangatlah berisiko. Jika bunda masih bingung mengenai makanan selama kehamilan, cobalah untuk selalu konsultasi dengan ahli kandungan agar diberikan menu makanan tepat.Makan Pepaya Terlalu Banyak Sebabkan Keguguran Benarkah

Gumawo.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!