Minum Teh Manis Bikin Haid Datang Lebih Cepat

Minum Teh Manis Bikin Haid Datang Lebih Cepat,- Minuman manis merupakan favorit banyak orang, tak hanya remaja namun orang dewasa juga. Bahkan secangkir teh manis hangat dengan sedikit perasan lemon kerap dinikmati di pagi hari oleh sebagian orang. Selain dapat memperbaiki mood dan meningkatkan semangat untuk melakukan aktivitas, minuman manis juga mampu menciptakan kenikmatan tersendiri bagi pencintanya.

Ada manfaat, tentu ada bahaya. Meski minuman manis memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, namun jangan salah. Kalau kamu menjadikan hal ini sebagai kebiasaan maka dampaknya cukup serius lho. Tak cuma bikin obesitas dan diabetes, katanya minum teh manis juga bisa bikin haid datang lebih dini. Lalu apakah informasi tersebut benar adanya? Untuk mengetahuinya, kamu bisa cermati penjelasan berikut ↵


Minum Teh Manis Bikin Haid Datang Lebih Cepat

Minum Teh Manis Bikin Haid Datang Lebih Cepat

Ini sebenarnya mitos atau fakta ya?

Menstruasi merupakan kondisi normal yang kerap dialami perempuan setiap bulannya. Semua wanita di seluruh dunia ini pasti akan mengalami masa periode, yang membedakan hanya waktu dan siklusnya saja. Kadang ada yang datang lebih cepat atau justru sebaliknya.

Kendati demikian apakah benar minuman manis bisa picu menstruasi datang lebih cepat di usia dini? Berdasarkan sebuah penelitian yang telah dilakukan mengungkapkan bahwa minuman manis memang bisa menyebabkan menstruasi datang lebih awal dibandingkan dengan mereka yang jarang mengkonsumsinya. Alasannya, kamu sendiri pun pasti paham.

Minuman manis cenderung mengandung tinggi gula yang bisa meningkatkan produksi glukosa dalam darah. Bukan hanya itu, bahkan minuman manis juga bisa meningkatkan produksi insulin dua kali lebih banyak dari perempuan normal pada umumnya. Jika produksi insulin tersebut sudah meningkat, maka di sinilah konsentrasi hormon seks dimulai.

Hormon seks yang dimiliki wanita cenderung tumbuh lebih cepat dibandingkan hormon lainnya. Dan hal tersebut lah yang membuat remaja wanita kerap mengalami menstruasi di usia yang terbilang masih sangat muda. Kendati begitu, sebenarnya kedatangan tamu bulanan itu tidak menjadi masalah karena setiap perempuan akan mengalaminya ketika menginjak usia remaja.

Normalnya, wanita mengalami masa puber di usia belasan tahun dan biasanya dibarengi pula dengan siklus haid. Meski demikian, faktanya ada beberapa pernyataan seputar kesehatan mengenai datangnya menstruasi yang lebih awal. Diantaranya yaitu ;
* Meningkatkan Berat Badan

Menstruasi yang datang lebih dini diklaim dapat memengaruhi berat badan seseorang. Hal ini dikarenakan indeks massa tubuh lebih tinggi dibandingkan dengan anak-anak seusia lainnya. Peningkatan berat badan ini juga dipengaruhi oleh faktor usia yang masih belia.

* Kesehatan Jantung

Bedasarkan sebuah temuan mengungkapkan bahwa wanita yang mengalami haid di usia kurang dari 10 tahun dan setelah usia 17 tahun memiliki risiko lebih tinggi mengalami penyakit jantung. Artinya, jika menstruasi pertama anda di mulai pada usia 13 tahun maka masih tergolong aman. Sebaliknya usia 10 tahun mungkin cukup berisiko mengalami penyakit jantung yang lebih tinggi.

* Risiko Diabetes

Tidak bisa dipungkiri, perubahan hormonal pada tubuh seseorang dapat memengaruhi produksi insulin. Apabila masa haid berlangsung lebih dini maka besar kemungkinan kamu akan mengalami resistensi insulin dan memiliki risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi di masa depan.

* Kehamilan

Terakhir, wanita dengan mestruasi lebih dini juga diklaim mampu meningkatkan komplikasi kehamilan. Salah satunya adalah Preeklampsia yang tidak lain merupakan kondisi tekanan darah tinggi yang terjadi saat hamil. Keadaan ini cukup berbahaya jika tidak diobati dengan segera bahkan berakibat fatal bagi kesehatan bayi juga ibunya.

.
Nah itulah penjelasan mengenai minum teh manis bikin haid datang lebih cepat yang bisa kamu ketahui. Sebenarnya tidak semua haid yang datang lebih awal menandakan adanya kondisi serius yang akan dihadapi di masa depan. Semua itu tergantung dari berbagai faktor lainnya. Seperti keturunan, gaya hidup bahkan stres sekali pun bisa memengaruhi siklus haid seseorang. Semoga bermanfaat! ~ Gumawo.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!