Nama Obat TBC Paru Yang Tersedia Di Apotik

Nama Obat TBC Paru Yang Tersedia Di Apotik,- Paru-paru merupakan sistem pernapasan yang berhubungan dengan peredaran darah. Fungsi paru-paru sangat banyak, salah satunya untuk bernapas. Jika manusia tidak bisa bernapas kemungkinan akan pingsan atau mati. Tak hanya pada manusia, bahkan fungsi paru-paru hewan pun tergolong penting. Itulah sebabnya mengapa kamu harus betul-betul memerhatikan dan menjaga kesehatan paru-paru agar fungsinya tetap berjalan dengan baik.

Nama Obat TBC Paru Yang Tersedia Di Apotik

Beberapa fungsi lain dari paru-paru yang tidak boleh diabaikan ;
  1. Sebagai respirasi
    Paru-paru berfungsi untuk mengganti oksigen dari udara dengan karbondioksida dari darah. Jika tidak ada proses ini maka manusia akan kesulitan bernapas. Jadi, sudah pasti kalau fungsi paru-paru itu sangat penting dan harus betul-betul diperhatikan kesehatannya.
  2. Menyaring gumpalan darah
    Bukan cuma untuk bernapas, paru-paru juga berfungsi untuk menyaring gumpalan di vena, jika gumpalan tersebut tidak disaring oleh paru-paru maka lama kelamaan dapat menumpuk dan menghambat laju aliran darah.
  3. Menyediakan ruang udara
    Di dalam paru-paru terdapat aliran udara yang bermanfaat menciptakan suara vokal. Bukan itu saja, aliran udara tersebut juga akan melatih dan membuat suara terdengar lebih bagus hingga enak didengar.
  4. Berperan sebagai pelindung
    Paru-paru juga dapat berperan sebagai lapisan pelindung organ hati sehingga ketika terjadi guncangan maka hati akan tetap melakukan tugasnya dengan baik.

berikut adalah beragam fungsi dari organ paru-paru yang dapat diketahui. Selain harus memahami fungsinya, kamu juga perlu mengetahui berbagai gangguan yang menyerang sistem pernapasan satu ini. Terlebih jika paru-paru sering terasa sakit, mungkin penyakit-penyakit dibawah ini sedang menguasai kesehatan paru anda.

Mengenal berbagai penyakit paru

Penyakit paru merupakan sebutan untuk berbagai gangguan yang menyerang organ paru-paru. Penyakit paru sangat berbahaya dan mengancam nyawa. Jika tidak mendapatkan pertolongan yang tepat, maka penderitanya bisa saja mengalami kematian. Tentu ini sangat menyeramkan, oleh karena itu penderita penyakit paru sering dianjurkan melakukan serangkaian test dan pengobatan agar penyakit tidak bertambah parah. Selain gaya hidup, beberapa faktor lain seperti keturunan dan penggunaan alat pribadi secara bersamaan juga berisiko mengembangkan penyakit yang satu ini. Nah, supaya teman-teman bisa melakukan pencegahan agar penyakit tidak bertambah parah, sebaiknya simak berbagai penyakit paru dibawah ini ↵

♣ Asma

Asma merupakan penyakit paru-paru yang paling umum terjadi dan dialami banyak orang. Penderita asma biasanya akan mengalami rasa sesak yang teramat sangat mengganggu. Pada kasus yang sudah kronis, penyakit asma dapat menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan bernapas. Penyebab asma tidak lain akibat penyempitan saluran udara di paru-paru. Anda bisa menghindari hal-hal yang berpotensi menyebabkan alergi supaya penyakit asma tidak kambuh, selain harus pandai memilih makanan, biasanya penderita juga dianjurkan untuk tidak terlalu lama berada di udara dengan suhu lembab atau terlalu dingin.

♣ Pneumonia

Pneumonia atau yang lebih dikenal dengan nama paru-paru basah merupakan salah satu gangguan paling berbahaya. Selain dapat menyebabkan penderitanya sulit bernapas, pneumonia juga berpotensi mengembangkan penyakit hingga komplikasi. Pneumonia sendiri muncul diakibatkan oleh virus yang menginfeksi jaringan paru. Adapun gejala paling mudah dikenali dari kondisi ini adalah batuk disertai dahak berwarna kuning dan kental, sering sesak napas serta sakit di sekitar dada yang membuat penderitanya mengalami ketidaknyamanan.

♣ Tuberkulosis

Tuberkulosis (TBC) adalah jenis penyakit paru yang menular. Bahkan penularan bisa terjadi hanya dengan percikan air ludah. Artinya, jika ludah si penderita TBC mengenai tubuh maka kamu berisiko terinfeksi TBC. Ini disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menempel langsung pada tubuh ketika si penderita bersin/ batuk. Batuk berdahak lebih dari 3 minggu disertai darah bisa menjadi tanda awal yang mudah dikenali pada penderita tuberkulosis.

Untuk jenis penyakit paru yang terakhir ini, kamu harus benar-benar memerhatikannya. Sebab TBC Paru dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal jenis kelamin, usia dan faktor lainnya. Bahkan bayi yang baru lahir pun dapat berisiko mengalami penyakit ini jika kita tidak pandai melakukan pencegahan. Untuk itu, penting bagi kita semua untuk selalu menjaga kesehatan paru.

Bagaimana jika TBC Paru sudah terlanjur menyerang tubuh?

Jangan cemas. Kini zaman sudah sangat canggih, ada berbagai jenis obat TBC Paru yang bisa anda beli di Apotik. Cara ini bisa digunakan sebagai langkah pertama untuk melakukan pencegahan agar TBC Paru yang diderita tidak berkembang semakin parah dan kronis. Lalu apa saja nama-nama obatnya? Dibawah ini ada beberapa nama obat TBC Paru yang tersedia di apotik. ⇓

Nama Obat TBC Paru Yang Tersedia Di Apotik

Isoniazid

Merupakan obat antibiotik yang bisa dikonsumsi oleh penderita TB Paru. Obat ini bermanfaat melawan bakteri penyebab tumbuhnya TB Paru. Obat jenis ini tidak boleh dikonsumsi secara tunggal dan harus dikombinasikan dengan jenis obat TBC lainnya. Mengapa? Sebab jika obat tersebut diminum secara tunggal maka penderita TBC akan mengalami resisten terhadap obat.

Anda akan diminta resep dokter terlebih dahulu sebelum mendapatkan Isoniazid. Tanpa ada resep dokter yang jelas, biasanya apoteker akan menyruruh anda untuk konsultasi terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan efek samping dari isoniazid yang cukup berisiko dan dapat menganggu sistem saraf.

Pirazinamid

Berbeda dengan Isoniazid, obat Pirazinamid berfungsi untuk menghentikan pertumbuhan bakteri mycobacterium yang tidak lain penyebab TB Paru. Jangan coba-coba menggunakan obat jenis ini untuk mengobati infeksi seperti flu atau batuk. Sebab didalamnya tidak ada kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi infeksi. Penyalahgunaan obat Pirazinamid yang berlebihan dapat menyebabkan penggunanya mengalami penurunan kinerja sistem saraf.

Untuk dosis konsumsi sendiri, Pirazinamid disesuaikan dengan usia, berat badan serta tingkat keparahan penyakit yang diderita. Jika ragu-ragu bisa konsultasi dulu dengan dokter. Ahli kesehatan biasanya akan merekomendasikan pasien TB Paru untuk minum obat ini sebanyak dua kali dalam seminggu.Nama Obat TBC Paru Yang Tersedia Di Apotik

Rifampicin

Selain dapat digunakan untuk mengobati penyakit TBC Paru, Rifampisin juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit lain seperti kusta atau infeksi stafilokokus serius. Rifampisin sendiri berbentuk kapsul sehingga hanya bisa dikonsumsi melalui mulut, pastikan anda meminumnya dengan segelas air penuh ketika perut masih kosong. Boleh 1 jam sebelum atau setelah makan. Untuk mengobati penyakit TB Paru, kamu bisa mengkonsumsi obat ini dengan dosis 1 kali sehari.


Berikut adalah nama obat TBC Paru yang tersedia di apotik dan bisa dikonsumsi. Sekali lagi, pastikan anda sudah mendapatkan resep medis yang akurat agar bisa meminum obat-obatan di atas. Ini penting guna memantau perkembangan penyakit agar tidak bertambah parah. Adapun berbagai efek samping paling umum dari pemakaian obat-obatan tersebut adalah nyeri otot, pusing, sakit kepala, kantuk, lemah otot, perubahan mood dan prilaku, serta adanya diare yang berlangsung lebih sering dari orang normal pada umumnya.

Tak cuma harus memerhatikan jenis obat yang dikonsumsi, penderita TBC Paru juga harus memerhatikan makanan yang dikonsumsi. Adapun jenis santapan sehat yang baik dimakan oleh penderita TB yaitu makanan tinggi protein, baik protein nabati atau hewani yang penting jumlah gizi nya harus seimbang. Anda bisa mendapatkannya dari kacang-kacangan, tahu, tempe, daging, ikan, dan telur. Nama Obat TBC Paru Yang Tersedia Di Apotik

Posted By ; Gumawo.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!