Obat Memperlancar Haid Di Apotik

Obat Memperlancar Haid Di Apotik,- Menstruasi tidak lancar? Sudah melakukan berbagai jenis pengobatan namun tetap balik lagi ke kondisi awal? Jangan putus asa! Banyak cara yang bisa kamu coba untuk mengembalikan masa periode agar teratur seperti sebelumnya. Nah, biar sobat gumawo gak bingung sendirian mending baca deh beberapa rekomendasi obat memperlancar haid di Apotik berikut.

Obat Memperlancar Haid Di Apotik

Obat Memperlancar Haid Di Apotik

Menstruasi adalah proses pengeluaran sel telur yang mati akibat tidak dibuahi. Pada perempuan normal, menstruasi umumnya berlangsung selama 3-7 hari dalam seminggu. Ketika menstruasi, hormon estrogen pada tubuh wanita akan meningkat, selain itu dinding rahim juga akan mengalami penebalan itu sebabnya mengapa saat haid wanita seringkali mengalami sakit tak tertahankan di bagian perut bawah (PMS). Jika tidak terjadi kehamilan, biasanya sel telur yang mati akan luruh dari dinding rahim bersamaan dengan darah.

Sama seperti kondisi lainnya, meski tergolong normal tapi menstruasi juga mempunyai gejala. Gejala-gejala tersebut biasa dirasakan sebelum atau ketika haid berlangsung. Apa saja gejalanya? Paling umum wanita akan mengalami kelelahan, pusing, nyeri perut tak tertahankan, sering uring-uringan sendiri, gairah seks menurun, muncul jerawat, nyeri otot dan sendi, serta adanya kenaikan berat badan yang disebabkan oleh beberapa pengaruh hormonal. Dalam banyak kasus, berat badan akan kembali stabil apabila masa periode sudah berakhir.

Jika menstruasi berjalan lancar seperti kebanyakan wanita normal, mungkin kamu tidak akan khawatir. Tapi bagaimana jadinya kalau masa periodemu berjalan buruk? Sering telat datang bulan padahal tidak hamil, bahkan mungkin kamu tidak menstruasi sama sekali kali selama berbulan-bulan. Meski memang telat datang bulan pada perempuan itu hal yang wajar, namun keadaan seperti ini pasti akan membuat wanita merasa stres dan was-was. Bukan cuma itu, badan juga jadi gak enak dan kurang bergairah karena tidak ada pelepasan sel telur yang sudah rusak.

Kalau sudah begini, kamu pasti bingung sendiri kan? Mencari solusi untuk melancarkan kembali masa periode adalah hal utama yang harus segera dilakukan. Karena selain dapat mengembalikan masa periode juga bagus untuk kesehatan supaya sel telur yang sudah mati bisa dikeluarkan dari rahim dan diganti dengan yang baru. Lantas adakah obat yang bisa memperlancar kembali masa periode wanita? Di zaman seperti sekarang ini, kamu gak perlu pusing mencari jenis pengobatan.

Beberapa obat pelancar haid berikut ini bisa menjadi jawabannya!
Minum kiranti datang bulan

Kiranti adalah nama obat memperlancar haid di apotik yang sudah familiar di telinga. Ini bukan obat asing karena banyak wanita yang sering mengkonsumsinya. Selain bisa meredakan gejala PMS, kiranti juga ampuh untuk melancarkan haid. Di dalamnya terdapat beragam kandungan alami seperti kunyit, jahe, asam jawa dan lainnya yang bermanfaat untuk merangsang keluarnya sel telur mati bersamaan dengan darah. Kamu bisa mengunjungi apotik terdekat supaya bisa mendapatkan ramuan ini. Tidak seperti kebanyakan obat pelancar haid lainnya, kiranti ini berbentuk cairan sehingga gampang diminum.

EM Kapsul

Berbeda dari kiranti, obat memperlancar haid di apotik berikut ini mempunyai nama yang sedikit unik. EM Kapsul mempunyai kandungan bahan alami yang cukup aman dikonsumsi wanita untuk melancarkan masa periode. Selain bisa menlancarkan haid, obat ini juga dapat menjadi solusi terbaik untuk membasmi nyeri perut atau PMS. Untuk pemakaiannya, silakan konsumsi 2 kapsul 1 kali minum dimulai setiap 5 hri sebelum masa haid datang. Jika kamu ragu dengan dosis yang disarankan tersebut, bisa konsultasi dulu dengan ahli medis.

Hal ini perlu dilakukan apalagi kalau punya riwayat penyakit. Sebab ditakutkan ada kandungan yang kurang cocok dengan penyakit yang kamu derita, oleh karena itu disarankan konsultasi dulu dengan ahli medis apabila kamu seseorang yang punya gangguan kesehatan serius.

Minum obat Feminax

Nah untuk obat memperlancar haid di apotik yang satu ini, tersedia ke dalam 2 variasi. Ada yang tablet ada yang diseduh. Kamu bisa pilih sesuai selera. Manfaatnya, selain bisa melancarkan menstruasi feminax juga mampu mempromosikan sistem kekebalan tubuh sehingga tetap fit beraktivitas meski sedang datang bulan. Untuk kemasan jamu, silakan tuangkan 1 sachet feminax ke dalam 150 Ml air kemudiam minum 3 hari sebelum menjelang haid.

Kalau untuk yang tablet sendiri, bisa diminum 1-2 tablet sesuai rekomendasi dokter. Meski terbuat dari bahan herbal dan rempah alami pilihan namun feminax memiliki beberapa efek samping dan paling harus diwaspadai adalah darah haid yang akan keluar lebih banyak dari biasanya, sehingga kamu harus membawa pembalut kemana-mana sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu “bocor”.

Mensana

Obat mensana dibuat khusus untuk mengatasi beragam gangguan pada reproduksi wanita, termasuk melancarkan haid, meredakan nyeri perut, menjaga kinerja otot dan sendi pada saat menstruasi sehingga kamu tidak mudah nyeri otot. Kamu tidak perlu khawatir mencoba tablet ini karena semua komposisinya terbuat dari bahan alami sehingga tidak menimbulkan efek samping. Bahkan kandungan jahe yang terdapat di dalam mensana mampu mengurangi nyeri perut, menyegarkan tubuh selama masa haid serta mengurangi bau badan pada mereka yang punya keringat berlebih.

Meski obat-obatan di atas terbukti dapat melancarkan masa periode, tapi kamu tidak disarankan terus-terusan mengkonsumsinya. Selain dapat menyebabkan ketergantungan, juga bisa merusak jaringan di dalam rahim. Jadi gunakan seperlunya saja, jangan dijadikan kebiasaan. Jika kamu masih sering mengalami telat datang bulan, sebaiknya coba dengan ramuan yang lebih alami saja. Bagaimana pun rempah-rempah jauh lebih aman dibandingkan dengan pengobatan lainnya, karena tidak mengandung efek samping dan tidak menyebabkan ketergantungan pada pemakainya.

Obat Memperlancar Haid Di Apotik

♣ Jahe merah

Minum ramuan jahe merah sesuai kebutuhan supaya menstruasi teratur. Jahe merah memiliki kandungan zat aktif yang dapat mendorong rahim untuk melakukan kontraksi hingga akhirnya darah menstruasi dapat dikeluarkan. Jahe merah aman dikonsumsi karena 100% rempah alami, bukan cuma bagus untuk masa periode namun jahe merah juga cocok untuk kamu yang sering mengalami kram perut.

Supaya tidak salah takaran, kamu bisa membuat ramuan dari jahe merah dengan cara merebus jahe merah yang digeprek hingga airnya berubah warna. Jika air rebusan sudah terlihat merah, angkat kemudian tuangkan ke dalam gelas.

♣ Cobalah kayu manis

Selain jahe merah, kayu manis juga bagus untuk perempuan yang sulit haid. Hal ini dikarenakan kayu manis mempunyai banyak kandungan yang berkhasiat melancarkan masa periode. Meski tidak menimbulkan efek samping, namun sebaiknya kamu jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi ramuan ini karena dampaknya kurang baik pada beberapa organ lainnya.

Untuk cara pengolahannya, kamu bisa menggiling kayu manis sehalus mungkin sehingga berubah seperti serbuk. Simpan di wadah yang tertutup supaya jika sewaktu-waktu butuh, kamu tidak perlu menggiling lagi. Cara minumnya, campurkan serbuk kayu manis ke dalam minuman favorit bisa susu atau teh.

♣ Konsumsi makanan yang bergizi

Kamu juga harus mengoreksi diri sendiri, apakah selama ini kamu sudah mengkonsumsi makanan yang benar? Atau jutstru sebaliknya. Gaya hidup yang jauh dari kata sehat dapat merusak kesehatan salah satunya susah mendapatkan masa periode yang teratur. Mulailah untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dari sekarang, perbanyak makan buah, sayuran dan minuman menyehatkan.

Hentikan kebiasaan buruk menikmati makanan cepat saji karena selain tidak memiliki nutrisi, kandungan yang terdapat dalam makanan cepat saji juga kurang baik bagi kesehatan rahim perempuan. Gizi-gizi sayuran jauh lebih bermanfaat karena mampu menjaga keseimbangan dan kesehatan hormonal dalam tubuh. Jadi, cobalah untuk merubah kebiasaan buruk dengan cara konsumsi makanan yang bergizi.

Tak melulu dari pengaruh hormonal, inilah penyebab lain dari menstruasi tidak lancar ↵
  • Stress
  • Kelelahan fisik
  • Akibat menopause dini
  • Kelebihan hormon prolaktin
  • Penggunaan alat kontrasepsi
  • Berat badan naik atau sebaliknya
  • Kebiasaan merokok sehingga hormon menjadi mati
  • Adanya penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi

Stress selalu menjadi salah satu aspek paling menakutkan bagi semua orang, apalagi perempuan. Stres kerap kali memengaruhi pikiran dan kehidupan mereka. Jika kamu tidak mau masa periode terganggu sebaiknya belajar mengelola stres dari sekarang. Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati kan?

Selain itu, kondisi fisik juga harus mempuni. Jika sudah waktunya tidur, biarkan tubuh untuk istirahat. Kelelahan fisik telah dikaitkan sebagai penyebab nomor 2 dari telatnya datang bulan pada perempuan, baik remaja maupun orang dewasa. Untuk perempuan usia 40 tahun ke atas, sebaiknya konsultasi dengan ahli medis apabila masa periode berubah-ubah secara tiba-tiba. Dikhawatirkan ada penyakit kronis yang mengintai, nah itulah beragam obat memperlancar haid di apotik yang dapat kamu konsumsi di rumah. Ingat ya, jangan berlebihan!

Posted By : Gumawo.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!