Obat Tradisional TBC Anak Di Apotik Kimia Farma

Obat Tradisional TBC Anak Di Apotik Kimia Farma,- TBC, TB, atau Tuberkulosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi. Kondisi ini dapat menimbulkan kematian pada siapa saja yang mengalaminya. Tanpa melihat kelamin bahkan usia sekali pun. Dewasa ini, TB lebih sering menyerang anak-anak karena sistem kekebalan tubuhnya masih belum stabil dan rentan terserang infeksi. Ada beberapa perbedaan TB anak dan orang dewasa, tentu ini perlu diketahui mengingat penyakit tuberkulosis di Indonesia mengalami peningkatan bahkan jika di presentase kan mencapai 8,2%.

Obat Tradisional TBC Anak Di Apotik Kimia Farma

Mengenal perbedaan TB orang dewasa dan anak kecil

Pada orang dewasa, penyakit tuberkulosis sangat mudah dideteksi dan dapat dikendalikan dengan konsumsi obat-obatan secara rutin. Jika masih ringan, bahkan bisa melakukan suntik setiap hari secara rutin ke klinik atau rumah sakit terdekat supaya sistem kekebalan tubuh kembali stabil dan infeksi pun bisa dihambat dengan mudahnya.

Lain halnya jika TB ini terjadi pada anak kecil, menurut ahli medis dan beberapa dokter mengungkapkan bahwa TB pada anak cenderung lebih sulit di deteksi mengingat gejalanya tidak khas seperti pada orang dewasa. Bukan hanya itu saja, mereka juga mengatakan kalau banyak orangtua yang terlambat mengetahui jika si kecil menderita penyakit TBC.

Maka dari itu, tidak heran apabila banyak anak yang tidak tertolong karena tidak mendapatkan penanganan medis yang tepat sehingga nyawa lah yang menjadi taruhannya. Itu sebabnya, penting bagi kita semua khususnya para orangtua untuk mengenal lebih dalam mengenai penyakit Tuberkulosis.

Adapun beberapa  risiko awal seorang anak mudah terserang penyakit TB adalah ;
  • Memiliki kontak langsung dengan penderita TB lainnya

Anak kecil tidak bisa membedakan ia harus bergaul dengan siapa. Mereka juga mungkin belum paham, mengenai penyakit TB. Maka dari itu, sudah selayaknya kita sebagai orangtua lah yang harus lebih siaga dan waspada. Jika memang ada teman mereka yang terserang penyakit TB atau mengalami batuk tidak kunjung sembuh, sebaiknya bunda beri jarak antara si kecil dengan dia.

Bukan berarti menjauhkan anak dari temannya atau pun tidak boleh bergaul dengannya, namun alangkah lebih baik jika kita melakukan pencegahan terlebih dahulu. Pakai masker jika ia ingin mengobrol dengan penderita TB, mengingat penyakit TB ini bisa menular walaupun dari ludahnya saja. Jangan sampai si kecil memiliki kontak langsung dalam waktu yang lama dengan penderita TB karena hal tersebut dapat meningkatkan risiko penularan.

  • Perhatikan tanda dan gejala yang dikeluhkan si kecil

TBC pada anak merupakan penyakit infeksi sistemik yang cenderung menyerang organ paru-paru. Kendati demikian, ada gejala-gejala lain dari TB anak yang perlu diwaspadai tergantung dari organ yang terinfeksi. Artinya, tuberkulosis yang menyerang anak kecil tidak melulu bersarang di paru-paru, bisa jadi menginfeksi organ lainnya. Nah, disini lah peran anda sebagai orangtua lebih cerdas dan paham mengenai gejala yang dikeluhkan si kecil.

Jika ada beberapa tanda yang memang merujuk ke TBC, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter agar diberikan penanganan yang tepat. Apabila TB pada anak sudah berkembang, dikhawatirkan akan mengganggu fungsi organ dalam tubuh lainnya. Maka dari itu, penting bagi anda sebagai orangtua mencarikan pengobatan yang tepat agar TB tidak semakin memburuk. Jika kondisi masih ringan, biasanya dokter akan memberikan beberapa obat-obatan antibiotik yang harus dikonsumsi setiap hari selama 6-18 bulan lamanya.

Perlu diketahui pula, bahwasannya tidak semua obat-obatan TBC bisa diberikan pada anak karena dapat menyebabkan efek samping cukup serius pada penglihatan.


Obat Tradisional TBC Anak Di Apotik Kimia Farma


Etham butol

Obat ini bersifat anti tuberkulosis dan biasa diresepkan oleh dokter. Khasiatnya tentu untuk mengobati TBC dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terkena serangan infeksi. Etham butol sendiri berbentuk tablet dan dapat dikonsumsi oleh semua orang baik anak-anak maupun orang dewasa. Meski demikian, kamu harus mendapatkan resep yang sesuai dari dokter agar tidak overdosis.

Rifampisin

Selain dipakai untuk mengobati penyakit TBC, resep ini juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan kusta, pnemonia dan TBC kulit. Bahkan Rifampisin juga sering diaplikasikan sebagai obat infeksi staphylococcus. Obat ini tersedia dalam 3 varian yakni cair, tablet dan kapsul untuk disuntikan.

Detopar & Pipeca

Obat ini berbentuk kapsul dan satu paketnya berisi 2 botol. Detopar & Pipeca sangat dianjurkan bagi penderita TB karena mampu mengatasi batuk berdarah dan batuk tb paru-paru. Meski tergolong alami, namun anda tidak bisa mengkonsumsinya secara sembarangan. Tetap harus ada tinjauan lebih dulu oleh ahli medis supaya bisa dipastikan cocok atau tidaknya pengobatan dengan jenis obat ini bagi TB yang anda derita.

Selain dengan obat-obatan di atas, anda juga bisa menerapkan gaya 
hidup yang lebih sehat pada si kecil agar tidak mudah terserang infeksi ↵ 

Obat Tradisional TBC Anak Di Apotik Kimia Farmahttps://gumawo.com

Melakukan pengobatan secara terus menerus tanpa diimbangi dengan asupan gizi yang tepat, sangat percuma. Tubuh tetap saja akan mudah terserang infeksi, apalagi anak-anak. Mereka yang belum cukup mengerti akan penyakit berbahaya mungkin akan mengabaikan pola hidup sehat begitu saja. Maka dari itu, penting untuk para orangtua menerapkan gaya hidup yang sehat pada si kecil agar tidak mudah sakit dan status gizi dalam tubuhnya pun terpenuhi dengan baik. Berikut telah kami rangkum beberapa makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh anak penderita TB.Obat Tradisional TBC Anak Di Apotik Kimia Farma

Konsumsi makanan tinggi protein

Asupan protein sangat penting karena selain dapat memberikan pasokan energi baru, protein juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Tak cukup sampai disitu, asupan protein yang terpenuhi dengan baik juga terbukti dapat memperbaiki sel-sel rusak dalam tubuh. Anda bisa mendapatkan kebutuhan protein dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat seperti telur, susu, daging tanpa lemak serta kacang-kacangan.Obat Tradisional TBC Anak Di Apotik Kimia Farma

Mineral dan Vitamin

Vitamin A merupakan salah satu vitamin paling penting dikonsumsi oleh anak penderita TB. Ini sangat disarankan karena dapat menjaga fungsi limfosit yang tidak lain merupakan bagian dari terbentuknya sistem kekebalan tubuh yang kuat. Maka dari itu, sangat disarankan untuk anda memberikan vitamin A yang lebih pada si kecil supaya infeksi tidak mudah menyerang tubuhnya. Jangan lupa, asupan mineralnya juga ya bun! Mineral berfungsi memenuhi kebutuhan cairan dan menjaga ketahanan tubuh agar tetap stabil. Obat Tradisional TBC Anak Di Apotik Kimia Farma

Itulah berbagai informasi mengenai TB pada anak yang bisa anda ketahui. Selain harus mengkonsumsi Obat Tradisional TBC Anak Di Apotik Kimia Farma, anda juga harus pandai memberikan asupan nutrisi pada si kecil supaya gizi dalam tubuhnya benar-benar terpenuhi dengan baik. Gumawo.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!