Pada Usia Berapakah Autisme Bisa Terdeteksi

Pada Usia Berapakah Autisme Bisa Terdeteksi,- Autisme merupakan suatu gangguan pada perkembangan syaraf yang dapat memengaruhi kemampuan anak dalam berkomunikasi. Berdasarkan statistik, pengidap autisme di Indonesia pada tahun 2010 berkisar 2,5 juta orang. Ini artinya, ada 1 penyandang autisme dari seratus kelahiran bayi di Indonesia. Lantas pada usia berapakah autisme bisa terdeteksi?

Pada Usia Berapakah Autisme Bisa Terdeteksi

Berdasarkan Menurut seorang psikolog anak Roslina Verauli, M.Psi dari keluarga RS pondok indah mengungkapkan bahwa “Autisme bisa terlihat sejak awal yakni usia 1 tahun pertama kehidupan si buah hati”. Ciri utama dari anak autisme yaitu mengalami keterlambatan dalam beberapa perkembangannya terutama dari segi bahasa, dan gangguan perilaku.

Lalu apa yang membedakan seorang penyandang autisme dan anak lainnya?

Pada Usia Berapakah Autisme Bisa TerdeteksiAnak autisme mempunyai sedikit perbedaan dari anak normal pada umumnya. Mereka cenderung lebih mengarahkan pandangannya hanya pada satu tokoh yang disukainya. Selain itu, refleks pada bayi autisme juga tidak berkembang dengan baik. Sebagai contoh, jika pada anak normal mereka akan mengalami refleks kaget akibat bunyi pintu yang dibanting. Namun, refleks ini tidak ada pada mereka yang menyandang autisme.

Itulah hal yang membedakan seorang penyandang autisme dari anak normal lainnya. Beberapa gejala umum yang dapat mengidentifikasi seorang anak mengidap autisme atau tidak yaitu dengan mengukur aktivitas dan kreatifitas otaknya. Dengan seperti ini, maka orangtua bisa melakukan terapi dengan mudah untuk memantau perkembangan sang anak.

Pada Usia Berapakah Autisme Bisa Terdeteksi

Adapun berbagai gejala lain yang muncul pada pengidap autisme yaitu :

  • Nada bicaranya datar seperti robot.
  • Sering mengulang kata-kata dan frasa.
  • Menghindari kontak mata dengan semua orang.
  • Perkembangan bicara yang lambat atau sama sekali tidak dapat berbicara.
  • Tidak pernah bermanja-manjaan dengan orangtua maupun saudara mereka.
  • Emosional yang tidak menonjol atau tidak peka terhadap orang-orang di sekitarnya.
  • Terakhir, si anak tidak memahami interaksi sosial seperti cara menyapa, bertanya atau mengungkapkan kegembiran, kesedihan dan berbagai ekspresi lainnya.

Nah sekarang bunda sudah tahu kan? Pada usia berapakah autisme bisa terdeteksi? Jadi jangan sampai terlambat mengenali gejala ya bun, agar si kecil bisa mendapatkan penanganan sedini mungkin. Pada beberapa kasus, penderita autisme masih bisa dicegah apabila orangtua mengenali gejala yang terjadi dengan baik.

Jika anak mengalami beberapa kelainan dalam tumbuh kembangnya, sebaiknya bunda segera konsultasi dengan ahli kesehatan terpercaya supaya dapat diberikan pertolongan yang sesuai. Jangan lupa di share ya sobat Gumawo..

Pada Usia Berapakah Autisme Bisa Terdeteksi Pada Usia Berapakah Autisme Bisa Terdeteksi Pada Usia Berapakah Autisme Bisa Terdeteksi Pada Usia Berapakah Autisme Bisa Terdeteksi Pada Usia Berapakah Autisme Bisa Terdeteksi Pada Usia Berapakah Autisme Bisa Terdeteksi Pada Usia Berapakah Autisme Bisa Terdeteksi Pada Usia Berapakah Autisme Bisa Terdeteksi Pada Usia Berapakah Autisme Bisa Terdeteksi

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!