Penyebab Haus Terus Menerus Meski Sudah Minum

Penyebab Haus Terus Menerus Meski Sudah Minum,- Haus merupakan respon alami yang menandakan bahwa tubuhmu kurang cairan. Normalnya, manusia membutuhkan 2 liter air untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Kendati begitu, pernah gak sih kamu merasa haus terus menerus padahal sudah minum banyak air? Jika pernah atau mungkin sekarang sedang mengalami hal tersebut maka mengetahui penyebabnya sejak dini sangatlah penting.

Berdasarkan penelitian, haus yang terjadi secara terus menerus bisa disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari hal-hal sepele hingga adanya gangguan serius pada tubuh. Mau tau kenapa kamu sering haus padahal sudah banyak minum? Ayo baca ulasan artikel berikut ini dengan seksama.


Penyebab Haus Terus Menerus Meski Sudah Minum


Penyebab Haus Terus Menerus Meski Sudah Minum

Menderita diabetes

Ada dua jenis penyakit diabetes yang memungkinkan anda mengalami haus terus menerus. Bisa diabetes mellitus atau yang dikenal dengan kencing manis dan diabetes insipidus ( penyakit diabetes yang jarang ditemukan bisa disebut langka). Hal ini terjadi karena ginjal bekerja terlalu keras, organ ginjal akan memproduksi urine lebih banyak untuk menyingkirkan glukosa sehingga kadar gula darah jadi tinggi.

Dari sinilah, kamu akan sering haus karena tubuh terlalu banyak mengeluarkan cairan. Kendati begitu, ada sedikit perbedaan mengenai diabetes melitus dan insipidus. Yakni merasa mudah lapar sedangkan diabetes insipidus cenderung tidak lapar tapi lebih fokus ke haus yang berlangsung dalam waktu yang lama.

Menderita anemia

Anemia merupakan salah satu penyakit yang kerap dialami banyak orang, bukan hanya orang dewasa bahkan anak kecil sekali pun bisa mengalami kondisi satu ini. Anemia adalah penyakit yang melibatkan hilangnya sel darah merah sehingga tubuh akan berusaha menggantikan sel darah yang kurang tersebut dengan rasa haus. Inilah sebabnya kenapa penderita anemia kerap mengalami haus berkepanjangan.

Mulut kering

Pada dasarnya mulut kering bisa disebabkan oleh apa saja termasuk cuaca ekstrem sekali pun. Mulut kering juga bisa menjadi pertanda bahwa tubuh mengalami dehidrasi kronis. Ini alasannya kenapa kamu mengalami haus secara terus menerus. Apalagi kalau disertai dengan ludah atau dahak yang kental, sudah jelas bahwa tubuh butuh cairan.

Untuk kasus ini, kamu bisa memperbaiki gaya hidup dengan lebih banyak mengkonsumsi air putih daripada cairan lainnya. Apalagi untuk minuman bernergi dan soda sebaiknya dihindari kalau bisa dihentikan saja. Toh, tidak ada manfaat positif yang bisa kita hasilkan dari kedua minuman kemasan tersebut.

Tekanan darah rendah

Berbeda dengan anemia, haus terus menerus juga bisa diakibatkan oleh tekanan darah yang rendah. Terlebih jika kamu sedang stres, kemungkinan besar kelenjar adrenal tidak berfungsi dengan baik sehingga tekanan darah menjadi di bawah normal. Pada akhirnya, kamu akan merasakan haus terus menerus meskipun sudah menghabiskan beberapa gelas air.

Sebenarnya, haus terus menerus ini bukan penyakit melainkan indikasi awal dari adanya gangguan lebih serius pada tubuh. Bisa dikatakan sebagai gejala utama dari adanya gangguan pada tubuh entah itu di bagian organ ginjal, insulin, atau bahkan sel darah.

Faktor yang mendukung pun cukup banyak, baik keturunan maupun faktor lainnya. Itulah sebabnya kenapa kamu harus menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Adapun cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi haus terus menerus adalah dengan olahraga secara rutin, memerhatikan kebutuhan cairan, konsumsi makanan sehat, hindari junk food, serta lebih banyak makan sayuran.

Seperti yang kita ketahui, sayuran merupakan sumber gizi paling lengkap yang dapat menjaga tubuh agar tetap sehat dan menghindarinya dari berbagai penyakit. Nah itulah penyebab haus terus menerus meski sudah minum yang bisa kamu ketahui. Langkah paling tepat, segera periksa ke dokter supaya diberikan penanganan yang tepat.

Gumawo.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!