Penyebab Perut Masih Keroncongan Meski Sudah Makan

Penyebab Perut Masih Keroncongan Meski Sudah Makan,- Perut tiba-tiba keroncongan saat lagi ngumpul sama temen, padahal udah makan. Sobat gumawo pernah ngalamin gak nih? Selain memalukan, hal ini juga bisa membuat teman-teman di sekitarmu merasa risih. Sebenarnya apa sih yang membuat perutmu masih keroncongan tapi gak lapar? Mau tau jawabannya? Yuk baca artikelnya sampai selesai.


Penyebab Perut Masih Keroncongan Meski Sudah Makan


Lapar merupakan respon tubuh yang pasti dialami makhluk hidup. Perut biasanya akan memberikan sinyal lapar dengan dua cara pertama rangsangan hormon lapar dan yang kedua adalah dengan suara “krucuk, krucuk, krucuk”. Inget ya, itu tuh bukan suara cacing kelaparan di dalam perut, tapi gesekan usus. Jangan sampai kamu gak tau informasi ini ya sobat, karena bisa-bisa nanti malah malu sendiri kalau salah ngejawab.

Penyebab Perut Masih Keroncongan Meski Sudah Makan

Balik lagi ke topik, pernah gak sih kalian ngerasain perut keroncongan? Padahal barusan udah makan. Kalau PERNAH, berarti kita sama wkwkwk. Sebenarnya, perut keroncongan tidak melulu sinyal lapar atau belom kenyang. Ada beberapa faktor yang menyebabkan perut seseorang bunyi meski sudah diisi makanan. Apa saja sih penyebabnya?

♠ Sedang mencerna makanan

Perut bunyi yang pertama bisa disebabkan oleh pergerakan usus yang sedang mencerna makanan. Kondisi ini umumnya terjadi beberapa jam setelah kita menyantap hidangan. Jadi, jangan kaget dulu ya! Hal tersebut wajar terjadi dan tidak membahayakan tubuh.

Selain makanan, cairan juga bisa membuat perut menjadi bunyi. Jadi kalau tiba-tiba perut bunyi padahal gak lapar sama sekali, mungkin itu karena usus sedang berusaha mencerna makanan yang baru saja kita nikmati. So? Tak perlu terlalu cemas sob.

♠ Terlalu banyak udara pada usus

Selain sedang berusaha mencerna makanan, banyaknya udara pada usus juga bisa menimbulkan bunyi perut. Hal ini terjadi ketika kamu memiliki kebiasaan makan terlalu cepat. Itu sebabnya kenapa kamu dianjurkan untuk makan secara perlahan dan tidak terburu-buru. Alasan lain kenapa kamu mengalami keroncongan meski sudah makan yaitu kebiasaan makan sambil bicara atau bahkan minum ketika sedang olahraga.

♠ Adanya gangguan kesehatan tertentu

Terakhir, paling serius dari bunyi keroncongan pada perut menandakan adanya sesuatu yang tidak beres. Berbagai kondisi kesehatan bisa saja muncul dan menyerang perut maka dari itu tetaplah waspada dan berhati-hati dalam memilih asupan makanan atau pun minuman.

Adapun beberapa kondisi yang menyebabkan perut jadi berbunyi yaitu ; Alergi makanan, diare, efek samping minum obat pencahar, dan beberapa kondisi medis lainnya yang lebih serius seperti penyakit crohn.Penyebab Perut Masih Keroncongan Meski Sudah Makan

Di sisi lain, ada satu kondisi yang memang harus diperhatikan dari perut keroncongan tapi bukan lapar, ini adalah infeksi rongga perut atau sistem pencernaan. Jika tidak ditangani dengan segera maka kondisi-kondisi di atas dapat berkembang lebih serius. Maka dari itu, penting untuk kamu mencari tau penyebab pasti dari perut keroncongan yang dialami.

Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Jika kamu malu dengan perut yang suka bunyi tiba-tiba di tempat umum, maka cara yang harus kamu lakukan untuk mengatasinya adalah dengan tidak terburu-buru saat makan, lebih cerdas mengelola stress, jaga asupan makanan, minum air putih, jangan makan dalam porsi banyak sekaligus ( lebih baik sedikit, tapi sering ).

Intinya tidak perlu ada yang harus dikhawatirkan dari perut yang suka bunyi. Karena umumnya, itu merupakan kondisi yang normal dan biasa terjadi pada setiap orang.Penyebab Perut Masih Keroncongan Meski Sudah Makan

Perut keroncongan tapi tidak lapar bisa menjadi sesuatu yang berbahaya ketika anda mengalaminya disertai dengan mual, muntah, sakit di ulu hati, serta demam. Jika kamu mengalami gejala-gejala tersebut segera periksa ke klinik terdekat untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

Gumawo.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!