Perawatan Yang Harus Dijalani Setelah Lepas Kawat Gigi

Perawatan Yang Harus Dijalani Setelah Lepas Kawat Gigi,- Kamu pernah pasang kawat gigi? Atau baru saja lepas kawat gigi dan sedang bingung menentukan perawatan selanjutnya? Kalau begitu kamu sudah berapa di tempat yang benar. Kali ini team gumawo bakalan kasih tau bagaimana cara merawat gigi setelah lepas kawat behel.

Ya, pasti kamu tau sendiri atau mungkin merasakan bagaimana kondisi gigi setelah tidak memakai kawat. Pasti ada beberapa perubahan yang mungkin membuat kamu kurang nyaman.

Entah itu ketika menyantap makanan atau sekadar ngobrol sama temen. Biasanya kondisi gigi cukup kotor akibat sisa makanan yang sebelumnya menempel pada kawat gigi dan ketika dilepas, si sisa makanan yang tersembunyi pasti akan terlihat sangat jelas.

Itu sebabnya kenapa kamu butuh perawatan gigi seusai mencopot behel. Biar kamu gak bingung sendiria, yuk ketahui apa saja perawatan yang harus dijalani setelah lepas kawat gigi berikut ini.


Perawatan Yang Harus Dijalani Setelah Lepas Kawat Gigi


Perawatan Yang Harus Dijalani Setelah Lepas Kawat Gigi

Sebelum kamu memutuskan untuk senyum lebar di hadapan banyak orang, alangkah baiknya kamu lakukan beberapa pembersihan dulu, baik itu lem kawat atau bahkan plak dan noda di gigi. Dengan begini, kamu akan jauh lebih percaya diri.

Gunakan Retainer

Retainer merupakan perangkat atau alat khusus yang terbuat dari plastik bening, hal ini guna membantu menjaga posisi gigi setelah memakai kawat. Tujuannya agar bentuk gigi tidak kembali seperti semula.

Itu sebabnya kenapa kamu dianjurkan untuk memakai retainer setelah lepas behel, karena gigi membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan posisi baru. Ada tipe retainer permanen atau lepas apsang.

Kalau yang permanen kebanyakan terbuat dari seutas kawat tipis yang akan dipasang dokter dibelakang gigi. Kalau untuk yang lepas pasang sendiri bentuknya hampir mirip sama permanen sih, hanya saja di ujung-ujungnya terdapat sepasang kaitan untuk menahan posisi kawat.

Untuk langkah pertama ini, kamu bisa konsultasi dulu dengan dokter gigi supaya diberikan arahan paling tepat. Selanjutnya, kamu bisa merawat gigi secara pribadi di rumah, atau sekadar cek kesehatan saja pada ahli gigi.

Mulai memerhatikan makanan

Gigi yang baru lepas behel cenderung akan lebih sensitif dalam beberapa waktu. Jadi alangkah lebih baik kalau kamu memerhatikan setiap makanan yang akan disantap. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan terlalu panas atau dingin hingga beberapa minggu.

Hindari pula makanan yang sangat renyah selama masa-masa awal pelepasan behel supaya gigi bisa menyesuaikan dengan baik pula. Lebih penting, hal ini perlu dilakukan supaya kamu tidak mengalami sakit gigi.

Terakhir, untuk makanan yang bertekstur keras seperti apel, wortel, dan lainnya sebaiknya di potong kecil-kecil atau di kukus dulu biar gak terlalu keras sehingga mudah dikunyah, pastinya lebih steril juga.

Metode Flossing

Flossing adalah metode membersihkan gigi dengan benang kecil yang dirancang khusus supaya sisa-sisa makanan yang mengendap pada gigi bisa dibersihkan dengan mudah.

Berbeda dari benang pada umumnya, pada teknik flossing ini benang yang digunakan cenderung lebih lembut sehingga tidak merusak gigi dan jaringan gusi. Setelah kamu melepaskan kawat behel, maka disarankan melakukan flossing supaya gigi tetap dalam keadaan bersih dari kotoran.

Apalagi kalau kamu sudah mengkonsumsi makanan-makanan lembek, sangat tinggi kemungkinan kalau sisa makanan masih nyempil di sela-sela gigi.

Sikat gigi

Berbeda dengan flossing, kamu pasti jauh lebih familiar dengan metode satu ini. Yaps! Siapa sih yang gak tau sikat gigi, hampir tiap hari kita melakukannya.

Nah, kalau sobat baru saja melepas kawat cobalah untuk sikat gigi sebanyak dua kali sehari.  Pagi setelah makan dan malam menjelang tidur.

Selain menjaga gigi supaya tetap bersih kegiatan ini juga dapat membunuh bakteri dan kuman dalam mulut. Maka dari itu penting untuk kamu selalu menyikat gigi setiap hari. Sobat di rumah bisa memilih pasta gigi sesuai dengan jenis dan sensitivitas masing-masing.

Perlukah memilih jenis makanan setelah lepas kawat gigi? 

Setelah terbebas dari kawat gigi, perlukah kita memilih jenis makanan? Sebenarnya tidak perlu. Tapi setelah pencopotan kawat, gigi biasanya berubah jadi lebih sensitif. Itulah kenapa kamu harus lebih hati-hati dalam memilih makanan. Adapun beberapa makanan terbaik untuk menjaga kesehatan gigi ialah ;

Buah Stroberi

Biar gigi makin bersih, cobalah untuk menyantap buah stroberi. Didalam buah mungil ini terkandung senyawa malic acid yang berkemampuan khusus sebagai pemutih alami untuk enamel gigi. Tapi tetap hati-hati ya, karena biji kecil dari stroberi kerap menyangkut di sela-sela gigi. Untuk masalah ini, kamu bisa menyiasatinya dengan melakukan dental floss (flossing).

Mentimun

Sebenarnya bukan cuma mentimun, kamu juga bisa lho makan seledri. Ya benar sekali timun dan seledri mempunyai vitamin A dan C sekaligus antioksidan yang dapat menyehatkan gusimu. Bukan itu saja, bahkan keduanya juga terbukti mampu menghasilkan air liur yang efektif menetralisir bakteri.

Berkumur dengan teh hitam

Berdasarkan sebuah riset dari University of illinois mengemukakan bahwa setiap orang yang berkumur dengan teh hitam dapat mengurangi bau mulut dan terbentuknya penebalan plak gigi. Tak berhenti sampai disitu, bahkan zat polyphenol dalam teh hitam juga terbukti dapat memperlambat pertumbuhan bakteri penyebab lubang dan infeksi gusi.

Berikut adalah perawatan yang harus dijalani setelah lepas kawat supaya gigi tetap bersih dan sehat. Pastikan kamu tidak minum es dulu apalagi kalau menikmati minuman bernergi dan soda, sebaiknya jangan. Dikhawatirkan malah sakit gigi dan gusi terasa ngilu. ~ Gumawo.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!