Tips Agar Tubuh Tetap Prima Selama Musim Hujan

Tips Agar Tubuh Tetap Prima Selama Musim Hujan,- Musim hujan menjadi salah satu situasi dimana penyakit muncul silih berganti. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh menjelang musim hujan tentu perlu dilakukan. Karena ini merupakan satu-satunya cara melindungi tubuh dari penyakit.

Dengan kata lain, sistem imunitas harus tetap prima walaupun cuaca diluar sedang tidak menentu. Di lansir dari berbagai sumber, berikut di bawah ini team gumawo sudah merangkum tips agar tubuh tetap prima selama musim hujan.

Tips Agar Tubuh Tetap Prima Selama Musim Hujan

Tips Agar Tubuh Tetap Prima Selama Musim Hujan

Selama musim hujan berlangsung, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan supaya pertahanan tubuh tidak mudah goyah. Olahraga saja tidak cukup, tetap harus diimbangi dengan faktor lainnya agar badan benar-benar fit dan kamu tetap aktif menjalani keseharian tanpa takut sakit. 

Cukupi kebutuhan air

Air adalah unsur terpenting yang dibutuhkan oleh makhluk hidup di dunia ini. Bukan hanya manusia, bahkan hewan dan tumbuhan pun tak akan bisa bertahan tanpa adanya air. Mencukupi kebutuhan mineral selama musim hujan berlangsung tampaknya perlu dilakukan agar organ dalam tubuh tetap bekerja dengan baik.

Tak cuma itu saja, mencukupi kebutuhan air juga sangat diperlukan karena selama musim penghujan berlangsung biasanya virus akan mudah masuk ke tubuh. Beberapa kondisi yang kerap dialami seseorang ketika musim hujan adalah flu, batuk dan demam. Nah, dengan mencukupi kebutuhan air maka ketiga gangguan kesehatan tersebut bisa dengan mudah dicegah bahkan disingkirkan.

Konsumsi makanan bergizi

Hindari makanan cepat saji dan sebaliknya, perbanyak asupan makanan bergizi. Makanan bergizi jauh lebih dibutuhkan oleh tubuh ketimbang jenis hidangan lainnya. Pastikan juga kamu mengurangi makanan-makanan tinggi lemak yang bisa membuat tenggorokanmu panas.

Makanan bergizi tak cuma bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh namun juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Bahkan makanan bergizi mampu melindungi kesehatan organ tubuh dan menjaga emosi agar tetap stabil. Beberapa makanan bergizi yang bisa dinikmati adalah bawang merah, bawang putih, teh hijau, yogurt, sup ayam hangat, jahe, pepaya, dan kerang.

Perbanyak asupan vitamin C

Selanjutnya, kamu juga membutuhkan vitamin C lebih banyak di musim hujan. Jadi pastikan kalau kamu sudah menyiapkan beberapa makanan tinggi vitamin C agar kesehatan tetap terjaga. Seperti yang diketahui bahwa vitamin C dapat mengurangi pilek, meningkatkan mood, memperbaiki sel kulit mati, dan menjaga kondisi tubuh tetap prima di musim hujan.

Jaga kebersihan diri dan lingkungan

Kebersihan diri dan lingkungan pun tak luput dari perhatian kita. Lingkungan yang bersih mampu menciptakan suasana baru yang lebih asri dan pastinya menyehatkan. Pun dengan diri sendiri, kamu tidak boleh jadi orang yang jorok. Ingat, sumber penyakit bisa muncul darimana saja tak terkecuali kebiasaan sepele yang kita lakukan.

Jangan biasakan menggantung baju kotor, pastikan kamar selalu bersih, tidak ada tumpukan sampah baik di dapur maupun di pekarangan rumah, mandi dua kali sehari, dan terpenting jangan gunakan baju selama 2 hari berturut-turut. Perlu diketahui bahwa selama musim hujan tiba, jamur akan melakukan perkembang biakan di tempat yang lembap.

Memakai pakaian yang sebelumnya dikenakan tanpa dicuci terlebih dahulu memiliki kemungkinan 2 kali lipat lebih berisiko mengalami perkembanbiakan jamur. So? Cobalah hidup bersih mulai dari diri sendiri. Kalau sudah dibiasakan, lingkungan pun akan mengikuti. Dengan begini maka sistem kekebalan tubuh dipastikan tidak mudah goyah dan kamu bisa menjalani aktivitas seperti biasanya meski musim hujan masih berlanjut.

Posted By : Gumawo.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!