Trik Mudah Sembuhkan Cegukan Dalam Sekejap

Trik Mudah Sembuhkan Cegukan Dalam Sekejap,- Cegukan bisa dirasakan oleh siapa saja termasuk bayi sekali pun. Cegukan adalah respon tubuh yang terjadi secara tiba-tiba pada bagian diafragma. Cegukan biasanya berlangsung dalam durasi kurang dari lima menit. Ketika pita suara mulai tertutup maka terjadilah bunyi “hik” yang dikenal dengan cegukan. Di beberapa negara cegukan dianggap sebagai kutukan atau ciri bahwa kamu sedang menyembunyikan sesuatu ( berbohong).

Bahkan kasus cegukan ini pernah di jadikan film dimana pemeran utamanya akan terus cegukan ketika mengatakan sesuatu tidak sesuai dengan fakta. Lalu benarkah cegukan ini tidak berbahaya? Meski umumnya cegukan bisa hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu beberapa menit, namun tak jarang pada beberapa orang cegukan ini kerap dialami hampir satu jam bahkan lebih.

Apakah yang menyebabkan durasi cegukan berbeda pada setiap orangnya? Alasannya cukup logis, ini dikarenakan setiap makhluk hidup mempunyai sistem kekebalan tubuh yang berbeda. Respon tubuh yang berbeda pun sering dianggap sebagai alasan kenapa seseorang memiliki durasi cegukan berbeda. Lantas bagaimana ya jadinya kalau cegukan ini tidak kunjung sembuh?

Sepertinya itu hal yang cukup mustahil, mengingat cegukan ini bisa hilang dengan sendirinya. Kendati demikian, apabila kamu mengalami cegukan yang tak kunjung hilang lebih baik segera periksa ke dokter atau klinik terdekat supaya diberikan penanganan khusus sehingga tidak berkembang menjadi kondisi yang lebih serius. Mau cegukan hilang dalam hitungan detik? Ayo ikuti trik mudah sembuhkan cegukan dalam sekejap berikut ini.


Trik Mudah Sembuhkan Cegukan Dalam Sekejap

Trik Mudah Sembuhkan Cegukan Dalam Sekejap

Tahan napas

Kegiatan menahan nafas adalah cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi cegukan yang tak kunjung sembuh. Menahan nafas diklaim bagus untuk menghentikan cegukan karena pita suara akan cenderung terbuka, dengan begini maka suara “hik” akan menghilang secara perlahan. Selain itu, cara ini juga mudah dilakukan lho. Cukup tarik napas melalui hidung kemudian keluarkan dari mulut, lakukan aktivitas ini selama beberapa kali supaya cegukan benar-benar hilang.

Bernapas dalam plastik

Trik mudah sembuhkan cegukan dalam sekejap selanjutnya adalah dengan bernapas dalam plastik. Ambil kantong plastik berukuran sedang dan cobalah bernapas. Lakukan kegiatan ini kurang lebih 5-10 menit supaya cegukan bisa segera hilang. Bernapas dalam plastik mampu meningkatkan karbondioksida, dan disitu kita akan menghirup kembali karbondioksida yang sebelumnya sudah dikeluarkan. Dengan begini, maka sudah dipastikan cegukan akan mudah disingkirkan.

Minum air hangat

Minum air hangat tak cuma baik untuk kesehatan namun juga dapat melancarkan aliran darah dan oksigen di sekitar dada dan tenggorokan. Jika kamu mengalami cegukan dalam durasi yang cukup lama, cobalah untuk minum air hangat. Cara ini cukup efektif untuk menghentikan cegukan karena pita suara akan terangsang dan kembali terbuka, pada akhirnya suara “hik” yang dihasilkan akan hilang.

Coba pakai gula

Mengulum gula bisa menghentikan cegukan dalam sekejap. Hal ini dikarenakan gula pasir memiliki kemampuan khusus untuk merangsang otot diafragma. Itulah kenapa sebabnya para orangtua sering menyarankan anak-anak zaman dulu untuk mengemut gula, karena manfaatnya untuk menghilangkan cegukan sudah tidak diragukan lagi.

Kendati bisa mengatasi masalah cegukan, namun kamu tidak disarankan terlalu banyak makan gula ya sob. Dikhawatirkan malah terserang obesitas, bagaimana pun gula merupakan faktor risiko terbesar dari munculnya beragam penyakit bahkan diabetes sekali pun bisa dirasakan.

Gunakan es batu

Trik mudah sembuhkan cegukan dalam sekejap yang terakhir dan bisa dilakukan adalah mengusapkan es batu secara langsung pada tenggorokan. Manfaat dari kegiatan ini tidak lain untuk merangsang dan menenangkan saraf pada bagian tenggorokan sehingga lebih santai dan cegukan pun akan hilang dengan sendirinya.

Berikut adalah trik mudah sembuhkan cegukan dalam sekejap, sebenarnya masih banyak cara lain yang bisa dilakukan mulai dari memanfaatkan minyak zaitun hingga jeruk nipis. Untuk kasus cegukan ini sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena hal tersebut bisa diatasi dengan cara sederhana. Semoga bermanfaat!

Gumawo.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!